-->
2 Cara Mengetahui Hp Xiaomi Normal/ Rusak

2 Cara Mengetahui Hp Xiaomi Normal/ Rusak

Alasan saya mengangkat judul ini lantaran dilatarbelakangi adanya HP Xiaomi seken yang dijual di toko online, fisik atau orang ke orang menciptakan kita sangat perlu menerapkan cara mengetahui HP Xiaomi normal/ tidak (rusak) untuk mencegah mendapat HP Xiaomi yang casingnya sudah diganti dengan casing gres sehingga terlihat ibarat HP gres padahal bekas.

Casing pada Xiaomi sanggup saja menipu banyak dari kita yang masih awam, sanggup jadi kau juga akan menjadi sasaran berikut oleh si pelaku. Oleh alasannya itu, membaca tumpuan (cara cek kerusakan HP Xiaomi) ialah hal yang bijak sebelum membeli.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengecek HP Xiaomi normal/ rusak. Yang perlu diketahui yakni apakah ada aplikasi pendeteksi HP Xiaomi rusak? Atau apakah terdapat software atau alat pendeteksi HP Xiaomi rusak?

Pada postingan yang saya bahas ini ialah tanpa menggunakan aplikasi atau software yakni menggunakan isyarat belakang layar dan salah satu alat yang berjulukan AVOMeter. Oke kita bahas satu per satu dulu ysng pertsms mrmsksi isyarat belakang layar android khusus Xiaomi.

Bagaimana cara menggunakan isyarat belakang layar HP Xiaomi itu? Silahkan ikuti tahap demi tahap di bawah ini dengan benar untuk mengecek kerusakan ibarat LCD Xiaomi normal/ tidak. Dan cara ini sudah 100% terbukti lantaran sudah pernah saya coba di HP Xiaomi Redmi 4A Prime yang menggunakan MiUi 8.0 stable.

Metode ini juga sanggup digunakan pada perangkat lain dari smartphone asal Tirai Bambu ibarat Xiaomi Redmi Note 2 3 4 dan device lainnya.

Baca Juga: 5) Cara Melacak HP Xiaomi Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

1) Menggunakan Kode Rahasia
Cara mengecek kerusakan HP Xiaomi dengan isyarat belakang layar bekerjsama bukan hal yang gres lagi. Banyak dari Xiaomi Lovers yang menggunakan metode ini lantaran dianggap akurat dalam memilih normal/ rusaknya HP Xiaomi.

Apalagi fitur (kode rahasia) untuk mengetahui kerusakan HP Xiaomi ini telah disediakan oleh Perusahaan asal Tirai Bambu itu semenjak awal untuk mempermudah pengguna MiUi dalam mendeteksi HP Xiaomi yang rusak atau normal.

Kode belakang layar Xiaomi ini biasa disebut dengan “Engineering Mode”. Untuk cara menggunakan isyarat belakang layar Xiaomi ini, silahkan perhatikan tahapan-tahapannya sebagai berikut:

a) Pada HP Xiaomi kalian, silahkan buka hidangan Phone (dial number), kemudian ketik isyarat *#*#64663#*#* Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah!


b) Setelah isyarat belakang layar Xiaomi di atas diketik, maka muncul beberapa kotak hidangan yang sanggup kalian jadikan sebagai indikator untuk mengecek keaslian HP Xiaomi ibarat pada gambar di bawah!


c) Silahkan kalian uji atau tes satu per satu hidangan yang muncul di atas guna meyakinkan kau sehingga tahu persis apakah HP Xiaomi itu masih berada dalam keadaan normal atau tidak.

Untuk lebih gampang memahami menu-menu yang muncul pada HP Xiaomi di atas, di bawah ini saya jelaskan dengan bahasa yang sederhana dengan impian kau sanggup memahami sebelum melaksanakan uji kerusakan HP Xiaomi.

• Key merupakan hidangan yang mempunyai fungsi menguji semua tombol yang ada di HP Xiaomi ibarat tombol power, volume, back, options, dll. Jika hidangan ini ditekan maka akan mengalami perubahan warna pada layar yang artinya tombol itu masih berfungsi dengan semestinya.

• Back Light ialah hidangan yang digunakan untuk menguji lampu latar  yang mempunyai tingkat kecerahan yang berbeda-beda. Klik hidangan ini dan pilih kecerahan yang sesuai dengan mata kamu.

• Touch Pal ialah hidangan yang digunakan sebagai cara untuk mengecek layar (LCD) / touchscreen HP Xiaomi terutama menguji sensitivitas pada layar smartphone. Jika kalian ingin melanjutkan uji pada hidangan General Test yang lain,  maka kalian wajib menyentuh semua kotak.

• Bluetooth ialah hidangan yang digunakan untuk menguji koneksi Bluetooth dalam mengirim aneka macam file ibarat gambar, dokumen, music, dan file lainnya yang menggunakan teknologi ini.

• SIM Card ialah hidangan untuk mengetes fungsi kuningan pada HP Xiaomi apakah masih sanggup membaca kartu memori dan sanggup menangkap sinyal atau tidaknya.

• Vibration merupakan getaran yang dihasilkan oleh smartphone kalian. Rasakan getaran itu dengan baik menggunakan tangan kalian. Jika getaran tersendat-sendat niscaya HP Xiaomi kalian kurang sehat.

• Speaker ialah hidangan yang bertugas untuk menguji kejernihan bunyi pada smartphone Xiaomi. Amati bunyi yang muncul dari lubang speaker utama maka akan terdengar terperinci apakah HP itu normal atau rusak.

• Receiver adalah suatu bunyi yang mengambarkan bahwa ada notifikasi pemberitahuan pada smartphone. Dengar baik-baik bunyi tersebut, bila suaranya lezat didengar (tidak ada bunyi berisik) berarti dalam keadaan baik.

• Headset yakni sebuah hidangan yang digunakan untuk menguji bunyi headset apakah suaranya anggun atau tidak. Jika bunyi yang dihasilkan jernih artinya tidak ada hambatan sama sekali pada fitur headset ini.

• LED ialah lampu notifikasi yakni lampu yang terletak di bawah atau di atas HP Xiaomi yang akan menyala bila ada pemberitahuan berupa SMS atau email yang masuk ke smartphone kesayangan kalian.

• FM ialah pemancar gelombang radio yang digunakan untuk menangkap sinyal radio sehingga sanggup mendengarkan bunyi dari radio. Silahkan kau cek, apakah gelombang radio masih berfungsi dengan baik atau tidak.

• Camera yaitu hidangan untuk mengakses kamera utama. Pada hidangan ini, kalian sanggup mencoba semua fitur pada kamera utama untuk menguji apakah masih berfungsi normal atau mengalami kerusakan.

• Battery ialah hidangan yang digunakan untuk menguji kesehatan baterai HP Xiaomi. Pada hidangan ini akan menjadikan informasi yang seakurat mungkin sehingga pengguna sanggup mengganti baterai dengan segera bila rusak.

• WIFI merupakan hidangan untuk menguji fitur WIFI yang ada di HP Xiaomi anda. Jika hidangan ini diklik maka WIFI akan menyala secara otomatis dan melaksanakan uji untuk memastikan optimalisasi sinyal ini.

• Torch ialah hidangan yang menguji lampu LED flash pada kamera belakang. Jika hidangan ini disentuh maka lampu secara defauld akan menyala yang artinya tidak ada hambatan yang berarti pada sektor tersebut.

• LCD ialah hidangan yang digunakan untuk cek kerusakan LCD Xiaomi khususnya kontras warna pada LCD. Kaprikornus pastikan keadaan kontras warna LCD kau baik-baik saja dengan melaksanakan pengujian menggunakan hidangan yang satu ini.

• GPS merupakan hidangan yang diapakai untuk menguji keakuratan sinyal GPS yang ada diwilayah anda berada. Banyak hal yang dilakukan dengan sinyal GPS ini salah satunya sanggup digunakan untuk Peta jalan.

• G_Sensor ialah sensor yang mendeteksi perubahan pada orientasi. Jika HP Xiaomi dimiringkan maka secara otomatis layar akan menjadi landscape begitu juga bila didirikan maka layar menjadi portrait. Silahkan soba uji dengan cara mengaktifkan fitur rotasi kemudian memiringkan HP Xiaomi.

• Gyro ialah sensor yang cara kerjanya ibarat dengan G_Sensor dimana sensor ini mendeteksi perubahan pada orientasi. Jika HP Xiaomi dimiringkan maka secara otomatis layar akan menjadi landscape begitu juga bila didirikan maka layar menjadi portrait.

• Proximity Sensor ialah sensor jarak yang berfungsi mendeteksi gerakan jarak akrab ibarat dikala ada panggilan telepon di HP Xiaomi kemudian diangkat oleh pengguna dan ditempelkan ditelinga maka layar HP akan mati secara otomatis berkat proximity sensor ini.

Silahkan kau cek fungsi sensor proximity ini pada HP Xiaomi yang kau miliki atau yang akan dibeli. Jika sensor ini tidak merespon pada dikala pendengaran didekatkan, berarti ada kerusakan pada sector ini.

• Optical Sensor ialah sensor yang mendeteksi perubahan cahaya. Jika sensor ini diaktifkan maka dikala HP Xiaomi berada dalam ruangan yang gelap maka secara otomatis layar HP akan meredup, begitu juga sebaliknya. Silahkan cek normalitas sensor ini pada HP Xiaomi kamu.

• Magnetic Sensor ialah sensor yang bertugas mendeteksi medan magnet yang berada disekeliling smartphone. Hal ini sangat penting mengingat hampir semua HP Xiaomi mendukung sensor compass sehingga mendeteksi adanya medan magnet ialah hal yang sangat penting supaya arah yang ditunjuk oleh jarum kompas kesannya akurat.

• Infrared yakni hidangan yang digunakan untuk mengetes sinyal infrared apakah masih sanggup efektif digunakan untuk menyalakan barang-barang elektronik ibarat TV, AC, dll.

Dari beberapa hidangan Engineering Test di atas, ada beberapa hidangan yang belum saya ketahui fungsinya hingga goresan pena ini dibuat, dan bila kau mengtahui fungsinya mohon untuk bubuhkan komentar guna melengkapi tumpuan goresan pena ini. Adapun beberapa hidangan itu yakni:
• TF Flash
• RTC
• LoopBack

Cara cek kerusakan HP Apple Tirai Bambu di atas juga support pada device flaship ibarat Xiaomi Mi 4 5 6 dan lainnya. Oh iya, selain cara di atas, apakah ada alat, aplikasi, software pendeteksi untuk mengetahui kerusakan HP Xiaomi? Tentu saja, ada sebuah alat yang sanggup digunakan yang berjulukan Multitester (AVOMeter). Untuk mengetahui apa itu AVOMeter, fungsi dan cara menggunakannya, silahkan lihat di bawah!

Baca Juga: Tak Pernah Iklan, Kenapa HP Xiaomi Laris Manis?

2) Menggunakan Multitester (AVOMeter)
Multimeter (AVOMeter) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur listrik. Alat ini sering dikenal oleh banyak orang dengan sebutan Amphere Volt Ohm Meter (AVOMeter). Fungsi alat ini ialah untuk mengukur arus listrik, tegangan, dan hambatan pada listrik.


AVO Meter biasanya sering digunakan pada peralatan elektronik ibarat TV, HP, kipas angin, dan alat elektronik lain sejenisnya. Dengan menggunakan alat ini, para petugas perbaikan sanggup dengan gampang mengetahui kerusakan sebuah alat elektronik.

Cukup hingga disitu klarifikasi singkat mengenai AVOMeter, kembali pada topik utama yakni bagaimana cara mengetahui kerusakan HP Xiaomi yang mati total? Sebelum kita menggunakan alat deteksi kerusakan HP Xiaomi ini, sebaiknya ketahui beberapa kerusakan HP sbb:
  • HP Xiaomi tidak nyala lantaran kemasukan air
  • HP Xiaomi mati total lantaran di charger terlalu lama
  • HP Xiaomi mati stress berat sesudah jatuh/ terbentur
  • HP Xiaomi tiba-tiba mati begitu saja dan ngambek tidak mau menyala

Cek Baterai Menggunakan AVOMeter
Supaya kesannya akurat, silahkan ikuti cara cek kerusakan HP Xiaomi dengan AVOMETER berikut ini dengan bear!

a) Pada alat AVOMeter, setting ke 10 volt. Kemudian kau hubungkan kutub faktual pada AVOMeter dengan kutub faktual pada baterai, sedangkan kutub negatif pada AVOMeter dengan kutub negatif pada watu baterai.

b) INGAT! Standar pada voltage baterai HP Xiaomi ialah 3,7 volt. Jadi, perhatikan jarum pada alat AVOMeter harus menawarkan minimal 3,7 volt.

c) Apabila voltage kurang dari 3,7 volt maka kau harus menggunakan Power Suplay (casan kodok) untuk mengejutkan ajaran listrik pada watu baterai. Setelah kau menggunakan charger kodok kini coba nyalakan HP Xiaomi yang mati tersebut.

Cek Konektor Baterai Dengan AVOMeter
a) Setting Multitester pada Ohm-Meter X1 sesudah itu ikuti tahap demi tahan di bawah ini dengan benar dan sempurna biar kesannya sanggup akurat.

b) Kemudian kalian hubungkan kabel warna merah (+) di AVOMeter ke konektor baterai kutub faktual (+) dan hubungkan kabel warna hitam (-) di AVOMeter ke konektor kutub negatif (-).

c) Coba kalian perhatikan gerakan pada jarum di AVOMeter, pastikan jarum bergerak naik, bila jarum membisu (tidak bergerak) artinya terdapat kerusakan di jalur VBatt.

d) Selanjuknya lakukan pengecekan lagi dengan cara di balik, kabel warna merah (+) di AVOMeter ke konektor baterai negatif (-) dan kabel warna hitam (-) di AVOMeter ke konekor baterai faktual (+).

e) Sekarang kalian perhatikan AVOMeter dan pastikan jarum tidak bergerak (diam), bila jarum bergerak naik tinggi berarti komponen HP Xiaomi kalian ada yang short (korslet), lakukan pengecekan menggunakan Power Suplay (casan kodok).

Baca Juga: 8 Cara Unik Screenshot Xiaomi Tanpa Tombol Fisik

Untuk postingan unik lain terkait Xiaomi, silahkan lihat di bawah! Demikianlah 2 Cara Mengetahui HP Xiaomi (Normal/ Rusak) yang 100% Akurat yang sanggup kalian buktikan sebelum membeli HP Xiaomi baru/ bekas. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat, salam anget dari Petaponsel.com.
Sumber https://www.petaponsel.com/

Baca juga: