-->
Cara Meningkatkan Jarak Jangkauan Wifi Router 4G Tl-Mr3020

Cara Meningkatkan Jarak Jangkauan Wifi Router 4G Tl-Mr3020

TP-LINK memiliki sebuah produk mini WiFi Router 4G TL-MR3020, produk ini memang sangat handal sekali dikala dipakai. Modem 4G yang aku pakai (Huawei E3372 USB 4G Modem) sangat kompatibel dan sanggup eksklusif digunakan untuk sharing WiFi dengan beberapa pengaturan saja. Tetapi untuk hidangan USSD (cek pulsa, dan dial) dari SIM Card Modem tersebut nampaknya agak susah sebab di dalam hidangan pengaturan tidak disediakan,

Ketika WiFi router ini dihidupkan, ia membutuhkan waktu kira-kira 1 menit untuk sanggup "dinikmati" koneksinya, pokoknya mantap sekali dehh ...

TL-MR3020 4G WiFi Router
image credit to: bhinneka.com
http://www.bhinneka.com/products/sku00112383/tp-link_3g_wireless-n_router__tl-mr3020_.aspx
Adapun kemudahan dari wifi router tersebut: 
  • 4G Broadband Wireless N Router
  • 150Mbps
  • 802.11b/g/n
Dengan kebutuhan power yang sangat minimal sekali (5V USB) WiFi Router ini berjalan sangat handal ketika digunakan di konektor USB Adaptor, untuk dibawa bawa juga cukup gampang tinggal dicolok ke Powerbank saja sudah jadi. 

Permasalahan yang aku alami sendiri ketika menggunakan router ini sehari-hari yaitu jarak jangkauan dari sinyal WiFi yang sangat pendek sekali, kira-kira hanya +- 12 meteran, tidak sanggup lebih. Akhirnya aku melaksanakan riset sendiri pada konfigurasi di dalam router ini, dan mendapati jarak jangkauan yang tidak mengecewakan manis meningkat menjadi +- 20 meteran, jarak segitu tidak mengecewakan cukup manis untuk ukuran router yang berdaya kecil.

Langsung saja ya bro aku sharing cara settingnya:

1) Konekkan dahulu WiFi router anda dengan PC, Laptop, atau Smartphone anda. 

2) Buka Default Browser, jangan Opera sebab kemungkinan tidak bisa.

3) Kunjungi http://192.168.0.254/ , ketikkan kemudian enter ( ini merupakan URL default untuk pengaturan TL-MR3020 ). Apabila berhasil jendela login akan muncul ibarat gambar di bawah.


4) Masukkan username & password, kemudian klik "Login", untuk parameter standar pabrikan username: admin & password: admin, atau teman juga sanggup mendapatkannya di sekitar tubuh router ini. 

5) Masuk ke Tab "Wireless"
6) Kemudian teman masuk ke Tab "Wireless Settings", 

Didalam tab Wireless Settings, ubah parameter menjadi ibarat ini:

Channel: Auto
Mode: 11n only
Channel Width: 40MHz

7) Klik "Save", Kemudian klik "Reboot".

Bandingkan jarak jangkauan dengan default setting tadi dengan setting yang sekarang, niscaya tidak mengecewakan sanggup jauh jaraknya sekarang. 

Sekian dan Ditunggu komentarnya ya sob :), Terimakasih.




Baca juga: