-->
Cara Gampang Menciptakan Blog Gratis Di Blogger Update 2019+ Lengkap Dengan Gambar

Cara Gampang Menciptakan Blog Gratis Di Blogger Update 2019+ Lengkap Dengan Gambar

Cara Praktis Membuat Blog Gratis di Blogspot - Sebuah blog berdasarkan saya merupakan sebuah wadah untuk berguru menulis, menuangkan segala ilham yang kita punya kedalam sebuah goresan pena didunia maya yang sanggup dilihat oleh semua orang yang berselancar di dunia maya-Internet maupun disimpan secara pribadi dan sanggup dilihat kembali secara online.

Membuat sebuah goresan pena ataupun ngeblog ialah suatu hal yang gampang-gampang susah. Untuk menghasilkan suatu karya yang manis dan menarik tentunya memerlukan suatu kerja keras dan dilakukan terus menerus, apa lagi bila anda ialah seorang pemula di dunia blogging ini.

Lalu mengapa saya menentukan platform Blogspot, kan masih bayak pilihan yang lain ibarat wordpress yang katanya lebih baik, umblr, jimdo, webs, squidoo atau yang lainnya masih banyak lagi... alasannya cukup sederhana
  • Gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun untuk menggunakan platform ini (tidak ada alasan takut rugi...)
  • Fitur cukup lengkap dan simpel dipahami
  • Yang niscaya blogspot merupakan sebuah platform blog yang sangat terpercaya alasannya dimiliki oleh salah satu perusahaan raksaksa yaitu Google
  • Walaupun Gratis, sanggup digunakan untuk menghasilkan uang yang halal ibarat daftar GA (Google Adsense) atau alternatif adsense yang lain, juga sanggup digunakan untuk promosi atau jualan online.
  • Yang terakhir, Blogspot merupakan platform yang sangat populer, sehingga banyak tutorial yang menyediakan pembelajaran menciptakan blog dari awal hingga akhir.

Saya bukan seorang mastah, ataupun master, tapi saya masih berguru dan mencoba menuangkan apa yang sudah saya pelajari dan berguru kembali besama anda di sini.

Cara menciptakan blog di blogspot-blogger.com

1. Silahkan kunjungi https://www.blogger.com lalu Masuk atau Buat Blog



2. Langsung "masuk" saja atau "sign in" bagi yang sudah mempunyai account gmail, dan yang belum mempunyai account gmail, silahkan pilih "buat akun" gmail terlebih dahulu.

3. Setelah anda masuk, anda akan dihadapkan dengan 2 pilihan pemilihan profil blogger yang akan digunakan. Lalu pilih "Buat profil Google +" atau "Buat Profil Blogger terbatas". Setelah selesai silahkan "Lanjutkan ke Blogger"


4. Maka Selanjutnya akan muncul tampilan pertama menuju blog. Klik atau pilih "Buat Blog Baru"


5. Maka Anda diperlukan untuk mengisi sebuah formulir pembuatan blog baru.

Judul: diisi dengan sebuah kalimat atau kata sebagai judul blog yang akan kau buat

Alamat: diisi dengan kata yang akan digunakan untuk menjadi url atau alamat blog kau (penulisan tidak usah disertakan kata blogspot.com).

Jika alamat berhasil akan muncul kata "alamatblog ini tersedia" serta muncul tanda centang di sebelah kanan. Jika alamat blognya sudah digunakan orang lain, secara otomatis akan muncul peringatan "alamat blog ini tidak tersedia".

Jika itu yang terjadi, silahkan coba hingga anda mendapat yang pas, yang belum digunakan orang lain.

Jika sudah berhasil, nantinya alamat blog akan mempunyai bentuk ibarat ini: http://alamatblog.blogspot.com.

Tema: Silahkan pilih sesuai selera anda.

6. Setelah Judul, Alamat diisi dan Tema dipilih--> lanjutkan dengan menekan "Buat Blog"

8. Sampai disini, anda sudah berhasil menciptakan sebuah blog tanpa sebuah postingan dan belum mempunyai isi atau artikel.

Mengenal Menu-menu yang ada di Blogspot 

➮Postingan
Menu "Postingan" akan memperlihatkan semua postingan, juga terdapat pembagian postingan yang sudah dipublikasikan dan postingan dalam bentuk draft yang masih dalam proses pembuatan dan belum di publikasikan.

Statistik
Menu statistik akan memperlihatkan data statistik kunjungan yang terjadi di dalam blog kau yang terbagi dalam data statistik per postingan yang sering dikunjungi (postingan), dari sumber mana pengunjung tiba (Sumber lalulintas), juga dari negara atau perangkat apa yang sering mengunjungi (Pemirsa)

Komentar
Menu komentar ialah sajian yang memperlihatkan seluruh komentar yang terjadi di setiap blog kamu, baik yang sudah diterbitkan, atau masih dimoderisasi atau komentar yang dianggap spam.

Halaman
Menu Halaman hampir sama dengan sajian postingan yang memperlihatkan seluruh halaman yang dibentuk beserta halaman yang masih berupa draft dan juga halaman yang sudah diterbitkan. Untuk mengetahu secara detai perbedaan Halaman dan postingan silahkan lihat pada postingan sata selanjutnya.

Tata Letak
Menu tata letak merupakan sajian untuk pengaturan tata letak widget-widget yang berada di blog kita. Di sana kita sanggup menambah dan mengurangi widget sesuai selera kita.

Tema
Menu Tema merupakan sajian yang memperlihatkan kita kesempatan untuk mengatur tema. Kita sanggup mengganti tema sesuai cita-cita kita. Baik Edit HTML maupun Upload / download tema.

Setelan
Manu Setelan merupakan sajian pelengkap untuk mengatur blog kita yang secara khusus setelan ini hanya sanggup difungsikan oleh Admin blog. Seperti pengaturan dasar, pengaturan untuk mengatur komentar, penelusuran, bagasa pemformatan dan lain-lain.

➮Daftar Bacaan
Daftar bacaan merupakan kawasan update artikel dari blog-blog yang kau ikuti

➮Bantuan
Menu dukungan ini ialah sebuah sajian dukungan berupa kumpulan artikel-artikel dari google pribadi yang sanggup dimanfaatkan bila kau memerlukan bantuan/ kesulitan mengenai seputar blog.


Bagaimana Cara menulis sebuah Konten atau Posting Artikel dari blogger.

Sesudah kau mengetahui cara menciptakan blog dan mengetahui menu-menu yanga dberada di dalammnya, kemudian bagaimana blog tersebut kita isi dengan artikel?. 

Caranya yaitu dengan memposting sebuah artikel, sehingga blog kita terisi dengan artikel-artikel yang kita buat. 

Untuk memulai memposting yaitu dengan menentukan Menu "Postingan" dan Pilih "Entri Baru"


Selanjutnya silahkan kau menulis artikel dengan baik kemudian di publish/ atau diterbitkan supaya sanggup dilihat melalui jaringan internet oleh semua yang berselancar di dunia maya. Untuk menulis di blogger, sebaiknya kita mengetahui atau memahami bagian-bagian dalam bab Entri blog.


1. Judul Postingan: Isi dengan Judul sebuah artikel yang akan kau buat.

2. Sebuah pilihan mode dalam menulis artikel, yaitu mode Compose dan HTML

Compose: Mode penulisan ibarat menulis layaknya di microsoft word, instan tanpa memerluakn kode-kode khusus

HTML: Mode penulisan dengan kode-kode khusus HTML.
Bagi yang belum paham mengenai html, sebaiknya kau menulis artikel dengan mode Compose saja.

3. Sebuah kanvas atau lahan untuk menulis sebuah goresan pena blog kamu.

4. Icon-Con khusus yang fungsinya mungkin tidak gila bagi kau yang sudah biasa menulis di MS Word atau sering disebut Formatting Toolbar


a. Undo
b. Redo
c. Jenis Font
d. Ukuran Font
e. Membuat Sub Judul (Heading, Sub heading, Mirror Heading dst)
f. Bold (membuat tebal sebuah tuliasan)
g. Italic (membuat miring sebuah tuliasan)
h. Underline (garis bawah)
i. Membuat coretan/ Center line pada kalimat atau kata yang kita pilih.
j. Mewarnai tulisan
k. Mewarnai latar tulisan
l.  Memberi Link sebuah goresan pena atau gambar.
m. Menyisipkan gambar
n. Menyisipkan video
o. Menyisipkan simbol
p. Break (biasanya untuk menciptakan sajian "read more")
q. Pengarturan rata tengah, kanan, kiri, dan rata kanan kiri)
r. Membuat sebuah list dengan urutan angka
s. Membuat sebuah list berupa bentuk bulatan hitam
t. Membuat Quote
u. Menghapus semua format yang telah kita terapkan pada artikel atau goresan pena kita.
v. Check Spelling.

5. Sebuah setelan dari postingan kita. pada setelan ini kita sanggup mengatur sebuah label atau kategori artikel, Jadwal: menyetel tanggal postingan, Tautan permanen: mengatur url untuk postingan, Lokasi: mengatur dari mana postingan kita dibuat, pilihan: stelan pelengkap untuk komentar, mode tulis dan baris baru.

6. Area dimana kita sanggup menyimpan, pratinjau atau menerbitkan postingan kita. 

Jika artikel kau belum selesai diketik dan kau ingin berhenti telebih dahulu, kau sanggup pilih Simpan.

Untuk melihat postingan sebelum kau di publish, pilih pratinjau

Jika postingan kau sudah dirasa fix 100%, silahkan pilih Publikasikan. biar selanjutnya sanggup dibaca oleh seluruh penjelajah dunia maya.

Selesai.  Sampai di situ kau sudah sanggup mempunyai sebuah blog dengan sebuah artikel.

Jika kau berminat untuk mencoba menciptakan artikel atau blog yang disenangi oleh google adsense, silahkan pelajari tips jitu biar diterima Google adsense


    Sumber https://www.myavitalia.com/

    Baca juga: