-->
4+ Cara Atasi Laptop Error Kena Air

4+ Cara Atasi Laptop Error Kena Air




Laptop, PC Desktop, Smartphone dan perlatan lain menyerupai TV merupakan barang-barang elektronik. Seperti yang kita ketahui, barang elektronik sangat rentan sekali terhadap air, lantaran di dalam sebuah Laptop khususnya, terdapat banyak komponen yang mengandung arus listrik. Jika air masuk kedalam Laptop, admin pastikan Laptop tersebut akan bermasalah, entah itu lantaran air hujan, atau kita sendiri yang jorok menaruh segelas kopi didekat Laptop.


Tapi bagaimana kalau ini sudah terjadi?

 Apakah mungkin, laptop kena air sanggup diperbaiki?


Jawabannya yaitu bisa. Jangan panik, hening saja lantaran admin akan coba bantu beberapa hal ihwal laptop kena air mati total.

Langsung saja tanpa basa-basi lagi.
Tetapi sebelum ke inti pembahasan, silahkan disimak terlebih dahulu postingan sebelumnya yaitu tentang Apple Macintosh OS vs Microsoft Windows


     
1. Lepas Batre




 Smartphone dan perlatan lain menyerupai TV merupakan barang 4+ Cara Atasi Laptop Error Kena Air



Jika Laptop terkena air, otomatis semua komponen akan mengalami masalah, sanggup saja Laptop Konslet yang disebabkan Kena Air. Dan untuk menanganinya, usahakan jangan panik.
Jangan pernah coba menghidupkan Laptop dalam keadaan basah, meskipun terlihat kering, air biasanya menyusup ke belahan lubang-lubang kecil pada Laptop.
Untuk meminimalisir terjadinya korsleting pada Laptop, Lepas Batre, untuk menghentikan operasi dan memutuskan arus listrik Laptop.

Ingat, kalau batre masih terpasang dalam keadaan basah, ini akan menjadikan korsleting di belahan Mainboard, meskipun Laptop itu sendiri sedang di nonaktifkan.



2. Cek Semua Komponen




 Smartphone dan perlatan lain menyerupai TV merupakan barang 4+ Cara Atasi Laptop Error Kena Air




Jika air yang masuk kedalam Laptop begitu banyak, katakanlah menyerupai disiram. Mau tidak mau kita harus berani membuka Laptop itu sendiri.

Kecuali kalau memang teman rela menunggu kering sendiri yang pastinya akan memakan waktu yang cukup lama. Dan admin tidak sanggup memastikan Laptop tersebut akan kembali normal.

 Ingat, menunggu sesuatu yang tak niscaya itu sangat menyebalkan. Termasuk menunggu kering Laptop yang terkena air.
Tapi keputusan tetap ada di tangan Agan.

Jika berani, mari kita lanjut bereksperimen.
Buka belahan Hardware Laptop, bersihkan sisa-sisa air memakai tisu, jangan lupa cek belahan Mainboard, cek Processor, cek RAM, dan paling penting, cek belahan Harddisk daerah dimana data-data kita disimpan. Termasuk Sistem Operasi, Akun, Dokumen, File-file penting lainnya yang tersimpan dalam Harddisk.




3. Pasang Kembali




Setelah agan bereksperimen membuka Laptop, secara tidak sadar pengalaman serta ilmu agan ihwal urusan Hardware atau komponen bertambah menjadi 5 ℅ saja wkwk. Lanjut........

Sebelum memasang kembali komponen, Pastikan dulu semua komponen itu kering dan tidak lembab. Bahkan, saran dari admin diamkan dulu semuanya selama satu hari untuk memastikan semuanya kering. Bisa memakai kipas, atau disimpan di dalam beras.

 Smartphone dan perlatan lain menyerupai TV merupakan barang 4+ Cara Atasi Laptop Error Kena Air


 Oh iya, jangan dijemur untuk proses mengeringkan komponen. Sebab kalau dijemur akan menjadikan panas yang berlebihan. Akibatnya bukan malah kering tetapi malah berkeringat.




4. Tes Hidupkan



Setelah semuanya di lewati, pastikan semua komponen sudah terpasang rapi dan siap untuk di hidupkan. Ini merupakan fase dimana hati berdebar-debar.
Syukur-syukur Laptop mau menyala normal kembali menyerupai laptop admin yang ketika ini dipakai mengetik.
Rata-rata ketika kembali dihidupkan, laptop akan mengalami dilema seperti.


Keyboard Error dan Tidak Berfungsi
Restart Sendiri
Laptop Hidup Tapi tidak Menampilkan Gambar alias Blank
Sebagian Program Error dan Tidak Berfungsi
Mati Total


Tips Mengatasi Bagian yang Error

Keyboard Error Tidak Berfungsi

Untuk memastikan dan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi terkena air, cobalah gunakan keyboard eksternal.

Jika memakai keyboard eksternal berjalan normal, berarti masalahnya di keyboard bawaan. Coba cek lagi belahan keyboard bawaan laptop. Masih ada sisa air atau tidak.
Jika memakai keyboard eksternal tetap error, admin pastikan itu kerusakan dibagian Mainboard. Yang di sebabkan korsleting arus.

Dan kalau laptop agan bermasalah seperti


Restart Sendiri
Laptop Hidup Tapi Tidak Menampilkan Gambar alias Blank
Sebagian Program Error Dan Tidak Berfungsi
No Respon/Mati Total


Untuk selengkapnya agan sanggup masuk Cara Memperbaiki Laptop Matot tetapi kalau agan ragu dan memutuskan untuk memakai jasa service mungkin itu lebih baik. Untuk biaya service laptop kena air itu tergantung dari kerusakannya.

Oke! Gays supaya artikel ini bermanfaat, kalau ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan jejak di kolom komentar.
Kalau lagi nggak sibuk insyaallah direspon.





Baca juga: