-->
22 Destinasi Kawasan Wisata Alam Penderasan Di Sumatera Selatan-Palembang,  Pagar Alam, Lahat, Lubuk Linggau Dan Muara Enim

22 Destinasi Kawasan Wisata Alam Penderasan Di Sumatera Selatan-Palembang, Pagar Alam, Lahat, Lubuk Linggau Dan Muara Enim

Palembang merupakan kota terpopuler di tempat Sumatera ke 2 sesudah Medan yang menjadi incaran para wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut.

Palembang sebagai Ibukota Sumatera selatan mempunyai cukup banyak destinasi wisata yang patut di kunjungi baik Wisata rekreasi keluarga, Wisata Kekinian bahkan wisata sejarah. Namun untuk Destinasi Wisata Alam khususnya Wisata Air terjun tidak terdapat di Kota Palembang.

Walaupun di Ibukota Palembang ini tidak mempunyai wisata teladas tersebut, jangan kuatir ternyata di tempat sumatera selatan dengan banyak sekali kabupaten yang menyertainya mempunyai tempat wisata Air terjun yang sangat indah yang sanggup menjadi pilihan bagi anda untuk berlibur atau berekreasi bersama keluarga atau kerabat.

Wisata Air terjun tersebut di dominasi oleh tempat Lahat - Pagar Alam, Muara Enim, dan Lubuk Linggau.

Berikut Tempat Wisata Air terjun yang menyebar di banyak sekali tempat di Sumatera Selatan. 

1. Air Terjun Lematang Indah di Kota Pagar Alam

Photo  Instagram @asmaulhusna_d
Di Pagar Alam selain Kawasan Gunung Dempo yang terkenal, terdapat juga Air Terjun yang sanggup menjadi tujuan berikutnya.

Air Terjun Lematang Indah merupakan teladas yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan, alasannya yaitu lokasinya berada di tepi jalan pintas yaitu Dusun Prahu Dipo, Kecamatan Dipo selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

2. Air Terjun Goa Mata / Curup Goa Mata - di Lahat

Photo by @@pikoaguswan
Air Terjun dalam bahasa Lahat atau bahasa setempat sering di sebut Sebagai Curup. Sehngga Nama Air Terjun  Gowa Mata sering disebut juga dengan Curup Gowa Mata.

Air terjun sering memperlihatkan kesegaran dan dinginnya air yang berjatuhan dari fatwa air yang berada di atasnya. Aliran Air yang tidak begitu besar di kelilingi tebing kerikil yang besar dan membentuk mirip gua, menambah kesan eksotis terhadap lingkungan teladas ini.

Bila anda mencoba mengunjunginya, pribadi sasaj anda menuju Desa Serambi, kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan

3. Air Terjun Laye / Curup Laye - di Lahat
Photo by @dersa_wijaya
Air terjun Laye atau Curup Laye berada di Desa Sapay, Pagar Gunung,Lahat, Sumatera Selatan. 

4. Air Terjun Gunung Nyawe / Curup Sambar Nyawe di - di Lahat
Photo by @patrishiela
Lokasi Air terjun Nyawe atau orang di sana sering menyebutnya dengan Curup Sambar Nyawe berada di Desa Tanjung Payang di seberang Sungai Lematang, Lahat. Untuk Jalan menuju ke teladas tersebut, sudah cukup baik. Dari desa tanjung Payung anda sanggup mencapainya sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

5. Air Terjun Buloh / Curup Buloh/ Curup 7 Tingkat  - di Lahat

Photo by @radograph
Air terjun Bulon atau sering disebut juga dengan Curup Buloh dikenal juga dengan Nama Air terjun tujuh tingkat alasannya yaitu memang bentuknya yang bertingkat-tingkat menciptakan air terjunini menjadi lebih indah dan memukau.

Anda sanggup mengunjunginya seilahkan pribadi menuju Desa Lubuk Selo Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

6. Air Terjun Tembok / Curup Tembok - di Lahat

Photo by @fbsputra
Air terjun yang berada di Desa Tanjung Raja, Gumay Ulu, Lahat, Sumatera Selatan berjulukan Air terjun Tembok dalam bahasa keseharian disana sering disebut sebagai Curup Tembok.

Mengapa di namakan dengan nama "tembok", alasannya yaitu memang fatwa air disini membentuk mirip tembok yang terjadi alasannya yaitu susuan bebatuan yang menyebankan fatwa tidak pribadi jatuh ke sentra utama melainkan melewati bebatuan yang bersusun bertingkat mirip tembok.

7. Air Terjun Duguk / Curup Duguk - di Lahat


Photo by @bitariaa

Air terjun yang berada di tempat Sapay village, Pagar Gunung,Lahat, Sumatera selatan ini terlihat begitu indah. Dengan dinding yang berundak menimbulkan keindahan tersendiri

8. Air Terjun Curup Panjang - di Lahat
Photo by @dersa_wijaya

Air terjun Curup Panjang merupakan Air terjun yang terletak di Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat, Sumatera Selatan. Untuk mencapai ke teladas tersebut diharapkan perjalanan menyusuri jalan sepanjang 2 kilometer.

Air terjun Curup panjang mempunyai sebuah kolam sempurna dibawah jatuhnya air, sehingga pengunjung sanggup menikmati berendam di air kolam yang terbentuk dari jatuhan teladas tersebut dengan sesnasi rasa hirau taacuh dan segar.

9. Air Terjun Haman / Curup Haman

Photo by @ekopurr
Air terjun Haman yang berada si Desa Sumpur, Gumay Ulu, Lahat, Sumatera Selatan mempunyai pesona yang sungguh mengagumkan kolam mirip pesona taman air para bidadari.

Air Terjun Haman sangat istimewa dengan ukurannya yang tidak terlalu besar dan air jatuh dari sela-sela bebatuan besar yang tersusun setengah bulat kolam pancuran air yang sengaja menutupi orang yang mandi di dalamnya dan di imbangi dengan Lingkungan alam sekitar teladas yang masih terbilang asri dan natural. 

10. Air Terjun Bidadari - di Lahat
gambar oleh @avedkucing
Air terjun Bidadari berada dalam lingkungan Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, 8 km dari Kota Lahat, Lahat, Sumatera Selatan.

Air terjun yang mempunyai ketinggian 30 m dan lebar 10 m mempunyai pesona yang begitu indah. Karena Keindahannya tersebut, maka dinamakanlah sebagai Air terjun Bidadari.

Air Terjun Bidadari ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk menarik pengunjung. Selain sanggup menikmati pemandangan alam yang indah, Anda juga sanggup menyegarkan tubuh dengan berenang di danau yang ada di bawah air terjun.

Di sekitar danau terdapat kerikil koral yang berjejer secara alami yang terlihat sangat indah.  Suara teladas yang mengalir akan memperlihatkan suasana yang menyejukkan hati.

Apalagi bunyi tersebut diiringi dengan bunyi alam yang masih asri sehingga tempat ini menjadi pilihan yang ideal untuk menenangkan diri dan melepaskan pikiran yang penat sesudah lelah beraktivitas

11. Air Terjun Maung - di Lahat

Photo by @egga_megaria
Air terjun Maung merupakan salah satu wisata Air terjun yang menjadi salah satu pilihan dari banyaknya curup atau teladas yang tersebar di derah lahat atau pun apakah tempat pagar alam.

Posisi goegrafis teladas ini yatu yang berada Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Lahat, Sumatera Selatan memperlihatkan letak yang lebih bersahabat dengan pagar alam sering menimbulkan perbincangan dikalangan masyarakat disana.

Air Terjun Maung mempunyai fatwa air setinggi 80 meter menuju kebawah yang terbagi-bagi dalam beberapa fatwa dan di sebelah kanan curup maung ini ada dua teladas kembar yang mengalir deras. Hal itulah yang meyebabkan indahnya teladas maung tersebut.

12. Air Terjun Temam di Lubuk Linggau
Photo Instagram @linggauterkini
Air terjun Temam merupakan Air terjun yang mempunyai julukan Air terjun Niagara Mini. Hal ini di karenakan Bentuk dan fatwa air tersebut mirip teladas Niagara yang berada di Amerika serikat, berbentuk memanjang dan mirip tirai raksaksa.

Air terjun Temam mempunyai kekhasan tersendiri dari pada teladas pada umumnya. Kentuk yang memanjang sekitar 25 dan tinggi mencapai 12 meter, dengan perhiasan kerikil yang bercelah dan melengkung dibawahnya yang sering dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk duduk-duduk sambil menikmati sensasi jatuhnya air di sekitar mereka.

Untuk menikmati teladas tersebut, anda sanggup mengunjungi di tempat Rahma, Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Jarak dari sentra kota lubuk linggau sekitar 11 km ke arah selatan dan sanggup ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit dengan kendaraan bermotor.

13. Air Terjun Sando di Lubuk Linggau

Photo Instagram @lee_suwanda
Air terjun Sando terletak di Kelurahan Kayu Ara Kecamatan Lubuklinggau Barat I. Air terjun initak kalahindahnya dengan teladas temam. 

Untuk menuju kesana membutuhkan jiwa treveling yang berpengaruh alasannya yaitu kita ditantang untuk mengadu nyali untuk datang di lokasi teladas Sando tersebut. Karena jalan menuju lokasi teladas Sando masih jalan tanah bebatuan. Tetapi jangan kuatir, anda niscaya kan dibayar dengan indahnya persona perjalanan yang dilalui dan di mantabkan kembali dengan pesona teladas yng di tuju tersebut.

14. Air Terjun Pelegan di Lubuk Linggau

Photo Instagram @linggau_nasrul
Air terjun Pelegan berada di desa Air Temam Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan.

Air terjun Pelegan tidak kalah menariknya dengan teladas yang lain di lubuk linggau. Anda sanggup mencapainya dari Desa air Temam sekitar 10 menit perjalanan melewati kebun karet warga setempat.

15. Air Terjun Bedegung - di Muara Enim

Photo Instagram @ayudyia
Air terjun bedegung merupakan salah satu teladas yang terkenal yang ada di Muara enim. Air terjun Bedegung juga menjadai salah satu Air terjun tertinggi yang ada di indonesia setelah setelah Air terjun Sigura gura (250 meter), Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter), dan Air terjun Curug Citambur (100 meter).

Air terjun Bedegung terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Dari Pusat Kabupaten Muara enim anda sanggup menghabiskan waktu 1,5 hingga 2 jam menempuh jarak 56 kilometer menuju objek wisata tersebut. Melewati jalan setapak terlebih dahulu sebagai jalan masuk utama untuk datang di Air Terjun Bedegung.

16. Air Terjun Bemban - di Muara Enim

Photo Instagram @chaerunisa_azzahra

17. Air Terjun Curup Bali di Muara Enim

Photo Instagram @misdahlita19

Lokasi teladas Curup Bali terletak di Desa Lebak Budi Kec. Tanjung Agung Kab. Muara enim Prov. Sumatera Selatan. Untuk keindahan dan pesona alam dan kesegaran juga tidak kalah dengan teladas lainnya

Jarak antara kota Muara Enim dengan Kecamatan Tanjung Agung sekitar 60 Km. untuk mencapai ke tujuan curup Bali, kalau memakai transportasi darat sanggup di tempuh kurang lebih 1 jam, kemudian berjalan dari parkir yang bersahabat dengan pinggir jalan dengan waktu kuang lebih 90 menit untuk hingga ke Curup Bali tersebut.

18. Air Terjun Jernihan - di Muara Enim

gambar by suara1996.blogspot.com
Letak Air Terjun Jernihan ini berada di Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul. Keindahan yang disuguhkan niscaya tak akan menyurutkan untuk anda yang berjiwa traveling, alasannya yaitu tempat ini indah namun untuk perjalanan masin cukup susah ditempuh.

Anda sanggup melalui jalan setepak melewati kebun dan juga menyibak lebatnya hutan. Membutuhkan waktu setidaknya 1 jam perjalanan dengan melewati sungai kecil yang mengalirkan air yang jernih yang sanggup mengobati kelelahan yang mungkin akan dihadapi.

9. Air Terjun Lemutu - di Muara Enim

Photo Instagram @mutiaradorky
Air terjun Lemutu berada di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Untuk Mencapai Air terjun ini masih membutuhkan tenaga yang ekstra alasannya yaitu jalan masuk jalan menuju ketempat ini masih kurang bagus. Tapi bagi anda yang mempunyai jiwa traveling niscaya akan terbayar dengan indahnya Air terjun Lemutu tersebut.

20. Air Terjun Napal Carik - di Muara Enim
Photo Instagram @muaraenimupdate
Air terjun Napal Carik terletak di Desa Muara Emil, Kecamatan Tanjung Agung, Muaraenim. Keindahan teladas Napal Carik tidak kalah indahnya dengan teladas Bedegung. Jarak untuk menuju Air terjun Napal Carik sekitar 10 km dari sentra tempat Tanjung Agung.

21. Air Terjun Napal Lintang Muara Enim

Photo Instagram @bgmuaraenim.kece
Airr terjun Napal Lintang berlokasi di Desa Lubuk Nipis, Kecamatan Tanjung Agung, air terjun. Perjalanan menuju ke tempat tersebut sanggup ditempuh 90 menit perjalanan darat dari Kota Muara Enim.

22. Air Terjun Selingsing - di Muara Enim

Photo Instagram @mdritno
Curup atau Air terjun Selingsing terletak di Desa Tanjung Agung, Muara Enim, Sumaters Selatan, Indonesia.

Sperti halnya teladas Temam yang berada di Lubuk linggau, Air terjun ini mempunyai kemiripan dengan Air terjun Niagara

Untuk Mencapai teladas Selinsing cukup bersahabat dengan jalan masuk jalan dan gampang dijangkau apalagi, kalau memakai sepeda motor  hanya sekitar 15 menit sudah datang dilokasi teladas yang cukup lebar dengan ketinggian sekitar 10 meter.


Sumber https://www.myavitalia.com/

Baca juga: