-->
Cara Melacak Artikel Dari Duplikat Konten (Plagiarisme)

Cara Melacak Artikel Dari Duplikat Konten (Plagiarisme)

Salam Merdeka, untuk teman pembaca dimanapun berada diseluruh pelosok Nusantara. Bagaimana pula itu Cara Melacak Artikel Dari Duplikat Konten (Plagiarisme) dan apa itu duplikat konten? Bagi para blogger yang sudah usang berkecimpung di dunia blogging sudah niscaya tidak abnormal lagi dengan kata-kata duplikat konten atau plagiarisme, tapi bagi yang belum tahu sepakat kita akan mencoba menjelaskan sedikit dibawah ini.

Duplikat konten ialah suatu konten atau artikel dalam sebuah blog atau website yang digandakan oleh penjiplak dengan cara mencopy atau menyalin kemudian menerbitkan lagi di blog atau website nya sang penjiplak tersebut. Hal ini secara populernya disebut juga Plagiarisme atau plagiat konten. Menjiplak konten tersebut dari blog atau website orang lain tanpa ijin sudah terang bagi kita ialah tindakkan yang sangat jelek dan melanggar aturan yang boleh di bilang pencurian konten. Baik itu berupa artikel atau pun gambar dan sebagainya.

Jika ihwal aturan pencurian gambar dari blog atau website orang lain, sudah pernah juga kita bahas pada postingan terdahulu yaitu, Mulailah Berhati-hati Mennyisipkan Gambar Dalam Artikel Blog.

Bagi kita yang punya blog atau website yang punya banyak konten, apalagi konten kita semua original, ada baiknya kita Mewaspadai Pencurian Artikel Di Blog, alasannya tanpa kita sadari plagiarisme atau penjiplakan konten sewaktu-waktu dapat saja menimpa blog kita.

Tetapi bila hal itu sudah terlanjur terjadi dengan konten-konten di blog kita atau pun belum, dan bila kita merasa ingin tau dan meragukan hal itu terjadi, dapat kita melaksanakan pengecekan dengan melacaknya. Disini kita akan membuktikan cara melacak pencurian konten di blog kita dengan memanfa'atkan situs http://www.copyscape.com/, disana kita dapat mengecek kemana saja konten atau artikel kita di gandakkan walaupun sebagian atau secara keseluruhan.

 untuk teman pembaca dimanapun berada diseluruh pelosok Nusantara Cara Melacak Artikel Dari Duplikat Konten (Plagiarisme)


Jika sudah masuk pada halaman web nya, kemudian tempelkan Url artikel yang ingin kita lacak dan kemudian klik GO untuk membuka hasil pencariannya. Pada hasil pelacakan tersebut akan ditampilkan pendeteksian bila konten pada blok kita memang di plagiat atau digandakan.

Lalu apa tindakkan kita bila memang ketangkap berair pencurinya? Disini kita dapat menuntut pencurinya dengan bermacam cara menyerupai melaporkan kepada DMCA dan sebagainya. Untuk melaporkan kepada pihak berwenang menyerupai DMCA, ma'af disini kita belum sempat menawarkan caranya. Makara teman pembaca Googling saja lah (tanya saja sama mbah Google).

Satu lagi di Copyscape itu kita dapat juga mengambil Banner nya untuk dipasang pada laman blog kita sebagai kenang-kenangan dari Copyscape hehe, (bercanda cuman).

Sepertinya cukup hingga disini kita membahas tentang Cara Melacak Artikel Dari Duplikat Konten (Plagiarisme) biar bermanfa'at juga buat pembaca semua dan terima kasih atas perhatian.

Wassalam.


Sumber https://caroawaksurang.blogspot.com/

Baca juga: