-->

Tips Mengatasi Flu

Sudah pernah dengar tentang flu? Atau malah sering terseranf flu?
Oke gan sis, kali ini saya akan akan posting tentang salah satu penyakit yang paling sering menyerang kita.

Sudahkah kalian tau tentang flu? Jadi flu adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus influenza, dan manifestasi klinis yang paling sering muncul adalah demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek bisa jg hidung meler, pusing, gak enak badan dll.
Lalu gimana sih cara mengatasinya? Mungkin kalo orang jawa flu juga sering dikaitkan dengan masuk angin ya dan lebih sering kerokan ya?
Tidak salah kok kerokan, hanya saja perlu hati-hati bagi penderita hipertensi.

Dan ada beberapa tips simple yg bisa dilakukan saat terkena flu:

1. Konsumsi air putih
Sudah bukan hal wacana saja bahwa air putih sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Selain menggantikan cairan yang hilang saat demam flu, air putih juga dapat membersihkan tubuh dari racun. Tentunya tidak perlu diragukan ya gan sis manfaat air putih ini.
Saat flu, paling tidak konsumsi air putih terpenuhi sekitar 40-50cc/kg BB/hari. Jadi misalkan berat badan saya 40kg, paling tidak cairan tubuh saya harus terpenuhi dalam sehari sekitar 2000cc atau 2 liter atau kira2 8 gelas ukuran sedang

2. Konsumsi air hangat
Kenapa air hangat? Saat flu khususnya nagi kalian yg sering sakit tenggorokan dan hidung mampet buntet (tersumbat) air hangat bisa membuat pembuluh darah berdilatasi sehingga hidung jadi plong.
Gak cuma air hangat tapi juga bisa teh hangat.

3. Konsumsi sayur dan buah
Yang ketiga ini juga gak perlu diragukan lagi manfaatnya. Saat flu, imunitas dalam tubuh sedang menurun, untuk mengembalikannya lagi selain mineral dari air putih, tubuh juga perlu gjzi2 penting seperti vitamin dan mineral dari sayur dan buah. Buat kalian yang gak suka sayur coba perlahan dipaksa suka, karna kandungannya benar2 memberikan manfaat besar, apalagi sayuran yang berwarna seperti wortel, bayam, sawi, kol, selada, tomat dan masih banyak lagi. Apalagi kandungan buah-buahan yang endes buat tubuh kita. Sudah terbukti kok yang sering makan buah dan sayur imunnya lebih kebal dan gak gampang sakit, disakitin mantan misalnya.

4. Manfaatkan aroma bawang.
Bawang adalah salah satu bumbu dapur yang khasiatnya endes juga, apalagi bawang putih, karna ia mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi imunitas tubuh, sehingga saat flu imunitas kembali fit lagi.
Pernah denger kan, anak bayi kalo lagi sakit diolesin bawang merah? Nhah itu salah satu aplikasinya yang udah diterapin dari dulu.

5. Istirahat yang cukup
Virus influenza akan gampang masuk pada seseorang yang imunnya sedang turun, salah satu penyebabnya kurang istirahat. Kalopun udah ada tanda-tanda flu, perbanyak istirahat dulu deh. Bagi kalian yang termasuk kategori orang sibuk, luangkan satu hari untuk berhenti dari segala aktivitas, perbaiki imunitas, biar hari esok kembali berkualitas.

Nhah itu tadi tips simple saya, sebelum kalian terburu-buru konsumsi obat-obatan. Flu adalah salah satu penyakit yang sebenarnya hanya perlu diperbaiki kekebalan tubuhya dengan hal-hal tadi.

Selanjutnya saya ada tips simple lagi ttg hal-hal yang perlu diperhatikan saat flu, yaitu:
1. Saat demam
Jika demam hal yang bisa dilakukan yaitu kompres air hangat bagian lipatan tubuh (ketiak, lipatan paha, dan lipatan lainnya) dan perbanyak konsumsi air putih untuk rehidrasi
2. Saat pilek
Jangan mengusap your ingus di pakaian kalian ya gan sis, seriously itu jorok wkwk alangkah baiknya sedia sapu tangan dan tisu yang banyak, dan jangan lupa membuangnya di tempat sampah, kalo ada justru di tempat sampah medis.
3. Saat batuk
Kalo misalkan batuk, pakailah cara batuk yang benar, yaitu batuk diarahkan/ditutup di lengan bagian atas, kenapa? Karena lengan bagian atas akan lebih mudah terpapar sinar matahari sehingga virus akan lebih cepat mati. Kalo batuk ditutup pakai tangan, dan tidak cuci tangan dengan sabun, dan kalian akan berjabat tangan dengan orang lain, itu sama halnya kalian menyebarkan si virus influenza tadi. Gamau kan kalian pegangan tangan sama doi tapi tangan kalian banyak virus??
Atau boleh batuk dengan ditutup dengan tangan asalkan pakai tisu dan tisu harus dibuang ya.
4. Jangan asal minum obat
Sering banget nih, saat flu baru sehari dua hari, dan gaya hidup gak diperbaiki, langsung asal beli obat di warung yang sebenarnya dosisnya gedhe banget, dan obat tersebut adalah obat yang paling sering bikin ketagihan. Atau gak serimg banget beli antibiotik asal-asalan di apotek, yg paling sering nih kalo obat warung *a*amex, b*drex, dll kalo antibiotik yg sering dibeli ada am******lin, perlu hati-hati nih, apalagi antibiotik yang enggak diresepin dokter, kenapa? Karna terlalu sering minum antibiotik tanpa resep menjadikan tubuh kita resisten, saat kalian kena sakit yang lain dan harusnya dapat antibiotik itu, antibiotiknya dah gak mempan lagi, karna tubuh udah sering kepapar itu, ya jadinya dosisnya ditinggikan. Gamau kan sering2 minum obat?
5. Saat udah gak mempan
Ketika udah mengaplikasikan hal2 tadi, tapi dalam waktu 3 hari tubuh tetep aja gak ada perkembangan, segera konsultasikan ke dokter, ke pelayanan kesehatan terdekat ya. Jangan sungkan barangkali ada perawat dokter cantik dan ganteng, selain kesehatan terobati, hati juga bisa teratasi. 😅

Sekian tips simple dari saya. Jangan lupa jaga kesehatan

Salam GerMas!

Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat.

Baca juga: