-->
Pengertian Rekening Dormant

Pengertian Rekening Dormant

      Pengertian Rekening Dormant-Puji sykur kepada Tuhan yang maha kuasa yang telah menawarkan kebaikan-Nya kepada kita dengan cara menawarkan kita kesehatan, kesempatan untuk bekerja dan berkarya. Semoga nikmat ini akan tetap kita syukuri dan menjadi asbab datangnya nikmat  yang gres dikemudian hari. Amin.

   Rekening  merupakan identitis pemilik dari suatu akun yang sanggup dipakai unttuk transaksi. Misal rekening listrik dipakai untuk pembayaran listrik, rekening bank dipakai untuk tarik tunai di teller dan lain sebagainya. Kaprikornus pada dasarnya rekening sanggup disebut juga identitas pengenal dari pemilik akun.


    Sama halnya dengan rekening bank yakni sebagai identitas penganal pemilik akun. Jika Anda memiliki rekening mandiri, berarti Anda memiliki akun rekening mandiri, bila Anda memiliki rekening bri berarti Anda punya akun bri yang sanggup dipakai untuk aneka macam keperluan transaksi misal transefer, bayar tagihan dan pembelian. 

    Rekening bank terkait juga dengan aneka macam produk perbankan lainnya ibarat Atm, internet banking, sms banking. Jika rekening Anda bermasalah contohnya terblokir, maka semua aktifitas produk perbankan Anda tidak akan sanggup digunakan, ibarat Sms banking, Atm maupun internet banking Anda. Kaprikornus perlu berhati-hati supaya rekening Anda tidak terblokir dengan tetap mematuhi kebijakan bank.

    Adapun yang akan roket-tronik.com bahas kali ini antara lain pengertian rekeing dormat, rekening pasif, pengertian dormant account,  rekening dormant bca, tekening dormant mandiri, rekening dorman bni, rekening dormant bri, penyebab rekening dormant, biaya dormant, dan solusi rekening dormant. Berikut akan kami uraikan.

a. Pengertian rekening Dormant secara bahasa
    Pengertian dormant acoount atau akun Dormat bila diartikan secara bahasa yaitu pasif atau tidak aktif. Dengan pengertian secara bahasa inilah nantinya dormant akan diartikan dengan aneka macam istilah di bank. Demikian pengertian rekening dormant  atau dormant account secara bahasa

b. Pengertian rekening dormant secara istilah
    Istilah rekening dormant atau dormant account diartikan sebagai suatu rekening bank yang tidak aktif atau sedang diblokir. Jika status rekening sudah dormant, maka semua aktifitas perbankan akan terhenti, ibarat transfer, banyar tagihan, terima transferan,. termasuk juga cek saldo. Kalau dalam bahasa kedokterannya status rekening tersebut sedang pingsan dan sanggup saja suatu ketika nanti akan mati bila tidak segera diobati. Demikian pengertian dormant account baik secara bahasa maupun secara istilah.

c. Penyebab rekening dormant
    Ada beberapa penyebab rekening dormant baik rekening dormant bri, rekening dormant bca, rekening dormant mandiri, dan rekening dormant bri. Berikut akan kau uraikan baberapa penyebab rekening dormant.


1. Saldo rekening tidak diisi
    Inilah salah satu penybab utama rekening dormant yakni disebabkan oleh saldo rekening tidak diisi dalam jangka yang lama. Pada setiap bulannya saldo rekening Anda kan berkurang yang disebabkan oleh biaya manajemen bank, bila saldo rekening Anda sudah sedikit dan Anda biarkan saja dalam waktu yang lama, maka otomatis saldonya akan habis yang menyababkan status rekening Anda menjadi dormant.

2. Terjadinya acara yang mencurigakan
     Adapun penyabab kedua dari rekening dormant yaitu adalanya acara yang tidak masuk akal atau mencurigakan pada akun rekening Anda. Mungkin saja ada hacker ataupun pihak yang tidak bertanggung jawab sedang mengutak atik akun Anda untuk mencuri uang Anda. Pada sistem bank akan menawarkan peringatan sehingga bila aktifitas tidak masuk akal tersebut terus berlanjut pihak bank akan menonaktifkan akun rekening Anda atau menciptakan status rekening Anda menjadi dormant.


3. Salah transfer
     Pernah ada seseorang tiba-tiba mendapat pemberitahuan sms banking bahwa ada uang masuk ke rekeningnya beberapa milyar. Setelah dicek ke bank ternyata status rekeningnya sudah terblokir atau pasif. Diusut-usut penyebabnya yaitu ada orang yang salah transfer ke rekeningnya dan melapor ke pihak bank suipaya rekeningnya diblokir semoga tidak terjadi penyalahgunaan dana. Demikian penyabab ketiga dari rekening dormant.


d. Cara mengurus rekening dormant
    Jika Anda mendapati status rekening Anda dormat, maka jangan panik silakan Anda lakukan langkah-langkah sesuai  dengan yang dianjurkan oleh pihak bank yakni dengan cara tiba ke costumer servis bank terkait, dengan mambawa Ktp dan buku tabungan dengan tujuan untuk mengaktifkan kembali rekening dormant Anda. Demikian cara mengurus atau solusi rekening dormant. 

 e. Biaya dormat
    Jika Anda sudah mengurus status rekening Anda ke bank, maka untuk tahap penyelesaiannya, Anda kan dikenakan biaya dormat, yakni biaya mengaktifkan kembali rekening Anda. Untuk biayanya tidak terlalu mahal, namun Anda diwajibkan untuk mengisi saldo minimal Anda semoga tidak terblokir kembali. Begitulah sedikit informasi biaya dormant.

      Demikian telah kami jelaskan wacana rekening dormant bri, rekening dormant bca, rekening dormant bni, rekening dormant mandiri, pengertian rekening dormant, pengertian dormant account, rekening pasif, solusi rekening dormant, dan biaya dormant. Kami ucapakan terimakasih.

Baca juga: