-->
Cara Gampang Menciptakan Disclaimer Di Blog

Cara Gampang Menciptakan Disclaimer Di Blog

Sebelumnya saya sudah membahas halaman privacy policy dan pada kesempatan ini kita akan melanjutkan halaman yang menjadi salah satu elemen penting dalam menciptakan sebuah blog biar menjadi profesional dan mungkin menjadi salah satu syarat dalam pengajuan sebagai publisher iklan di google adsense yaitu Kebijakan Disclaimer. Jagan lupa buat dulu halaman kontak sebelum melanjutkan kelangkah ini.

Apa sih itu disclaimer/ penyanggahan? merupakan suatu halaman yang berisi suatu penyanggahan untuk melindungi pemilik situs dalam situasi tertentu dan sebagai pembatas atas komplain atau tuntutan terhadap isi dari blog atau web yang ditulis. Selain itu juga disclaimer menjelaskan akan kewajiban pemilik situs tersebut.

Di sisi lain Disclaimer ini sering dihubungkan dengan Hak Cipta, mengapa? alasannya ialah ini dapat menjadi dasar untuk melaksanakan sebuah claim bila situs atau blog anda dicopy paste-copas (duplikat terhadap iai atau conten) oleh situs lain ataupun mungkin terhadap prilaku kriminal terhadap situs anda.

Dalam pembuatan kebijakan tersebut sebetulnya dapat dibentuk sendiri, tapi mungkin akan repot apalagi bagi kita yang belum paham benar mengenai aturan yang ada. Tapi jangan kawatir, Disclaimer ibarat halnya privacy policy shdag mempunyai tatanan yang baku, maka ketika ini sudah ada dari beberapa pihak atau situs yang secara online menyediakan pembuatan kebijakan ini. 

Pada kesempatan ini saya mencoba membagikan pembuatan disclaimer ini dengan memakai Disclaimer Generator melalui situs www.privacypolicyonline.com

Langkahnya sebagai berikut
1. Buka situs disclaimer Generator www.privacypolicyonline.com

2. Ada satu bab yang harus diisi secara lengkap mengenai isu situs dan isu kontak

3. Your Site Title (Isi dengan Judul Bloh kalian), Your Site Url (isi dengan alamat url blog kalian), Contact Link (isi dengan Url Halaman Kontak us kalian), Email Adress (isikan alaman email kalian) dan Email Encryption (jika akan di tampilkan dihalaman disclaimer pilih No, bila tidak mau di tampilkan pilih Encrypt Emial with HTML)

4. Jika dirasa pengisian data tersebut sdh benar, kemudian pilih Generate Disclaimer

5. Lalu akan muncul halaman Discalimer versi HTML. 

Cara menciptakan halaman Disclaimer

Setelah tamat tahap tersebut, kita masuk tahap pembuatan halaman disclaimer di blog kita.

1. Copy semua arahan HTML yang diperoleh dari Generate HTML tadi.

2. Masuk ke "Halaman" kemudian "Halaman Baru".

3. Pilih Tab HTML (bukan Compose), kemudian Paste Hasil Copy generate HTML tadi di daerah tersebut.

4. Buat Judul "Disclaimer", bila dirasa sudah pas. Lalu Publikasikan


Dengan demikian kita sudah dapat mempunyai Halaman Discalimer. Semoga bermanfaat.

Sumber https://www.myavitalia.com/

Baca juga: