-->
Cara Menghasilkan Banyak Uang Dari Blog, Alasannya Yakni Masih Banyak Yang Belum Percaya

Cara Menghasilkan Banyak Uang Dari Blog, Alasannya Yakni Masih Banyak Yang Belum Percaya

Menghasilkan uang lewat blog - Blog memang sanggup menghasilkan uang yang banyak. Kami tidak sedang berbicara pepesan kosong di sini.

Banyak blogger yang menjadikan blog sebagai pekerjaan utama. Sebut saja JuragancipirPortalUang, dan Klikmania yang justru semakin terkenal sebagai blogger professional Indonesia. Belum lagi blog-blog professional semisal problogger dan smartblogger yg menjadi guru bagi kebanyakan blog di seluruh dunia.

Namun, untuk hingga ke level itu, tidaklah mudah..

Dibutuhkan pengetahuan yang cukup, yang terkadang menciptakan blogger pemula kebingunan. Mulai dari mana sih? Kok kayaknya ngebingungin banget?

Karena kesulitan-kesulitan itu, sebagian besar orang akan meninggalkan blog bahkan sebelum memulainya.

Padahal, uang yang sanggup dihasilkan sangatlah besar, sanggup sampai puluhan ribu dolar setiap bulannya. Fantastis, bukan?

Nah..

Kamu yang sedang semangat-semangatnya mencari uang lewat blog, lanjutkan membaca.  akan membeberkan cara menghasilkan banyak uang dari blog.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Website dan Tulisan ke Google

langkah demi langkah membangun blog.

Mari kita lanjutkan..


#1 Bangun Kepercayaan

"Trust is built with consistency." --Lincoln Chafee

Langkah pertama menghasilkan banyak uang dari blog secara berkelanjutan yaitu membangun kepercayaan netizen. Kepercayaan, atau Trust merupakan satu nilai yang menciptakan orang percaya pada dirimu. Hal ini tidak gampang ditumbuhkan.

 Blog memang sanggup menghasilkan uang yang banyak Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Blog, Karena Masih Banyak yang Belum Percaya

Khusus untuk sebuah blog, hal ini sanggup diraih dengan cara:

Buat Tulisan Berkualitas

Lagi-lagi goresan pena yang berkualitas. Bosan?

Mau bagaimana lagi, memang ini kunci sebuah blog. Tulisan yang berkualitas akan menawarkan kepuasan pembaca, dan oleh akibatnya mereka akan percaya.

Apa itu goresan pena berkualitas?

Tulisan berkualitas yaitu tulisan yang bermanfaat dan menawarkan kepuasan pembaca. Tulisan ibarat ini biasanya merupakan solusi efektif dan meyakinkan atas permasalahan yang dicari orang banyak.

Tulisan yang berkualitas mencerminkan kapabilitas penulisnya. Jika penulis benar-benar menguasai tema postingan, maka goresan pena yang dihasilkan pun akan bagus.

Silakan simpan rasa ingin tau kau perihal cara menciptakan postingan blog yang berkualitas, sebab pembahasan perihal hal itu akan kita bahas secara khusus dan fokus.

Tulisan yang berkualitas akan mengundang pembaca berkomentar serta share social media. Efeknya, pengunjung blog akan meningkat. Semakin tinggi kunjungan ke postingan tersebut, maka peringkat postingan akan naik hingga ke halaman 1 Google. Jika sudah begini, dijamin goresan pena kau akan didatangi pengunjung organik setiap harinya.

Beberapa faktor yang mencirikan sebuah tulisan yang berkualitas:
  • Original
  • Mengandung lebih dari 2000 kata substansial, bukan sekedar "manjang-manjangin tulisan"
  • Memiliki struktur penulisan (heading, keywords, dsb) yang terperinci dan rapi
  • Menjelaskan permasalahan secara lengkap dan mendetail, meyakinkan, disertai bukti

Tulisan yang berkualitas mencerminkan kompetensi penulisnya. Semakin tinggi kompetensi penulis, semakin tinggi kepercayaan yang akan didapat.

Buat Tulisan Abadi

Tulisan abadi? Apalagi nih?

Tulisan abadi merupakan goresan pena pilar yang menjadi pendekar dari blog kamu. Tulisan yang kau sasaran menjadi no.1 Google dan akan terus dicari sepanjang waktu (paling tidak akan stabil selama 3 tahun).

Baca: 17 Cara Menjadi Blogger Biasa Saja

Tulisan abadi biasanya mempunyai tema yang tidak lekang oleh waktu. Setiap hari orang akan mencarinya, setiap generasi membutuhkannya. Beberapa contohnya adalah:

a.) Solusi teknologi yang selalu dicari banyak orang
  • Cara memperbaiki komputer, laptop
  • Cara memperbaiki flashdisk
  • Teknik Photoshop
  • Tips dan trik Windows
  • Tutorial pemrograman, dll

b.) Pengetahuan yang diperlukan banyak orang
  • Resep Makanan
  • Rute angkutan umum
  • Prosedur manajemen kependudukan
  • Prosedur lamaran kerja
  • Prosedur pengukuhan sekolah dan universitas
  • Prosedur sertifikasi guru dan dosen
  • Cara mendaftar simcard
  • Cara mengobati penyakit
  • Ritual agama
  • Kitab suci, dll

Banyak sekali tema-tema untuk goresan pena abadi. Pastinya, silakan kau pilih yang sesuai dengan tema blog kamu. Contohnya, pada  tulisan yang merupakan goresan pena abadi adalah:

Tulisan yang Harus Dihindari

Hati-hati dengan jenis goresan pena ini, sebab karakternya kurang berpengaruh untuk sebuah blog:
  • Sejarah: blog tidak cocok untuk menuliskan sejarah. Karena biasanya sejarah harus mempunyai keabsahan dan divalidasi oleh pihak yang mempunyai otoritas (pemerintah). Selain itu, sejarah biasanya sudah ditulis di Wikipedia.
  • Teori Perkuliahan: ibarat dengan sejarah, teori perkuliahan harus mempunyai landasan akademik yang kuat, sehingga biasanya yang dibagikan di blog hanya bersifat acuan alternatif. Pengecualian kalau teori perkuliahan yang dibentuk memang diperlukan banyak orang, atau memang sangat terkait kebutuhan bisnis dan industri.
  • Curhat galau: kalau ini sudah niscaya akan ditinggalkan. Siapa kau sehingga berharap ada satu orang dari 7 Milyar penduduk dunia yang akan berkomentar perihal curhatan kamu? Curhat galau sanggup disiasati dengan goresan pena pengalaman tragedi yang bermakna dan penuh hikmah.

Tidak Memasang Iklan Terlalu Banyak

Google Adsense boleh tetap dipasang di blog kamu. Tetapi jangan terlalu banyak. Kami rasa 5 yaitu batasnya. Semakin banyak iklan, semakin tinggi gangguan. Pengunjung akan terganggu dan tidak betah lama-lama di blog kamu.

Percayalah, tampilkan iklan sewajarnya sehingga memang iklan-iklan ini diperlukan oleh pengunjung sebagai media untuk mendapat warta dan promo terbaru.

Jika semua hal di atas sudah kau lakukan, lambat laun kau akan dipercaya sebagai seorang blogger professional. Netizen akan ingat dengan blog kamu, dan pengunjung blog kau akan stabil bahkan terus meningkat.


#2 Bangun Subscriber (Link Building)

Setelah kepercayaan terbangun, langkah berikutnya yaitu dengan membangun jaringan subscriber (Link Building). Untuk apa?

Ini terkait dengan konsep Customer Relationship Management, yakni mamaintain konsumen. Bagaimana caranya biar konsumen yang sudah tiba tidak pergi? Ikuti langkah-langkah ini:

 Blog memang sanggup menghasilkan uang yang banyak Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Blog, Karena Masih Banyak yang Belum Percaya

Langganan Blog

Buatlah sistem berlangganan blog kamu. Pernah kan kau disodorkan Form untuk mengisi nama dan email ketika berkunjung ke salah satu blog? Itu lah yang dimaksud langganan blog.

Menurut pengamatan kami, sebagian blogger berhasil menerapkan taktik ini. Namun sebagian besar yang lain gagal. Kenapa? Paling tidak ada beberapa alasan:
  • Kurangnya kepercayaan
    • Bisa jadi sebab kualitas goresan pena yang kurang mengesankan. Sehingga pembaca tidak banyak yang tertolong dengan blog kamu.
  • Niche Blog yang kurang spesifik
    • Niche yang kurang spesifik menciptakan pembaca merasa butuh-tidak-butuh terhadap blog kamu. Akibatnya, mereka enggan berlangganan.
Hal yang sama terjadi pada . Karena blog ini mempunyai niche yang kurang spesifik, mengakibatkan sulitnya membangun jaringan langganan. Kami mensiasatinya dengan mengutamakan faktor pertama, yakni Membangun Kepercayaan, sehingga pengunjung tetap ramai. 

Buat Halaman Social Media

Berikutnya, mulailah buat halaman sosial media. Tentunya ini dilakukan sehabis kau berhasil mendatangkan kepercayaan pengunjung.

Kenapa?

Karena tanpa kepercayaan, pengunjung tidak akan like halaman Facebook, atau memfollow instagram dan twitter kamu.

Percuma saja menciptakan halaman sosial media kalau pengunjung blog kau sedikit dan tidak stabil. Beneran, mubazir!

Hal inilah yang menjelaskan kenapa pada postingan sebelumnya kami menyarankan untuk tidak terburu-buru menciptakan halaman sosial media.

Beberapa halaman social media yang wajib dibentuk adalah:
  • Facebook page 
  • Instagram page
  • Twitter

Baca: Cara Membuat Blog Blogspot Dengan Sangat Mudah

Menurut Kang Yudiono, melalui halaman social media ini kau sanggup meningkatkan page rank blog dan peringkat pencarian Google sehingga meningkatkan jumlah pengunjung blog kau pula.


#3 Monetisasi

Nah, pecahan ini yaitu yang paling kau tunggu-tunggu, bukan? Monetisasi blog. Langsung saja kita pelajari satu demi satu.

 Blog memang sanggup menghasilkan uang yang banyak Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Blog, Karena Masih Banyak yang Belum Percaya

Google Adsense

Google Adsense (GA) masih menjadi favorit bagi blogger-blogger tanah air. Memang ini merupakan favorit, terutama sebab kemudahannya. Kamu cukup punya website dengan traffic di atas 200 orang per hari, kemudian sudah sanggup dipasangi iklan GA.

Jika blog kau yaitu blog niche, alangkah baiknya kalau kau juga mencoba cara monetisasi lainnya, yakni berjualan e-Book.

e-Book

Cara berjualan e-Book yang efektif yaitu e-Book yang isinya selaras dengan tema blog kamu. Misalnya, blog kau berisi tutorial pemrograman, maka jual-lah e-Book perihal pemrograman.

Beberapa blog yang sudah menerapkan hal ini diantaranya adalah:

  • Strategimanagement.net
  • Blogodolar.com
  • Suksestotal.com

e-Book ini cukup menarik karena sanggup menjadi pendapatan passive untuk kamu. Bisa saja tiba-tiba dalam 1 hari kau mendapat rejeki nomplok. Hehe.

Jualan Kursus

Cara lainnya yaitu dengan membuka jasa kursus. 

Cara ini seringkali dipakai oleh expert Internet Marketing, Blogger, dan Motivator.

Jualan kursus terbukti sangat efektif menghasilkan uang, sebab penghasilan yang didapat dari sini justru sanggup melebihi penghasilan dari iklan di Blog.

Contohnya, blog SmartBlogger yang dimiliki oleh John Morrow.

Jualan Produk Fisik

Jualan produk fisik sendiri yaitu cara yang berdasarkan kami paling ideal untuk memonetisasi blog. 

Namun untuk sanggup berhasil, ada beberapa hal yang harus dipenuhi:
  • Produk yang dijual selaras dengan tema blog
  • Produk yang dijual jarang ditemui di toko online raksasa
  • Niche yang tepat
  • Blog gado-gado kurang cocok untuk tipe ini

Contoh jualan produk yang efektif misalnya:
  • Blog perihal Kura-kura yang juga berjualan masakan kura-kura
  • Blog perihal Kue kering yang juga jualan masakan ringan manis kering
  • Blog perihal Konveksi yang juga jualan alat-alat konveksi
 Blog memang sanggup menghasilkan uang yang banyak Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Blog, Karena Masih Banyak yang Belum Percaya

yang banyak membahas flashdisk, ternyata tidak cocok kalau jualan flashdisk. Kenapa? Flashdisk sudah banyak dijual di website e-commerce raksasa, sehingga harga tidak sanggup bersaing.

Terjawab sudah.

Untuk kau yang merasa satu frekuensi dengan , tidak perlu khawatir. Banyak jalan menuju Roma. Lakukan langkah berikutnya.

Affiliate Marketing

Blog Berbahasa Inggris
Bagi blog dengan sasaran Amerika Serikat, affiliate marketing sangatlah menjanjikan. Maka berbagai tutorial yang menceritakan kesuksesan dari affiliate marketing ini.

Jika kau ingin melaksanakan cara ini, jadilah affiliate partner dari Amazon. Buat blog yang sesuai dengan apa yang berdasarkan kau paling feasible untuk kau wujudkan.

Blog Berbahasa Indonesia
Namun untuk blog dengan sasaran pembaca orang Indonesia, apakah taktik ini cocok?

Hingga ketika ini kami belum berhasil menemukan success story dari affiliate marketer untuk e-Commerce Indonesia.

Paid Review (Endorse)

Cara lain yang berdasarkan kami efektif yaitu dengan jasa Paid Review atau yang biasa disebut oleh anak jaman now "Endorse".

Endorse terbukti menghasilkan uang jauh lebih besar daripada Google Adsense.

Jika kau tertarik, bangunlah reputasi kompetensi kau di dunia maya yang sesuai dengan undangan pasar yang paling populer.

Misalnya:
  • Tutorial Hijab
  • Ahli gadget
  • Ahli kendaraan beroda empat / motor
  • Tutorial make up

Nanti perusahaan-perusahaan akan melirik kau dan menjadikan kau sebagai duta.

beberapa kali mencicipi nikmatnya Endorse ini. Terkadang bayaran yang didapatkan bukan berbentuk uang, namun nilainya sanggup jauh melebihi uang. 


#4 Kenapa Bagian Monetisasi Ditulis Terakhir?

 Blog memang sanggup menghasilkan uang yang banyak Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Blog, Karena Masih Banyak yang Belum Percaya

Last but not least : terakhir bukan berarti tidak bernilai

Walaupun diletakkan paling akhir, Monetisasi blog justru yaitu salah satu langkah yang paling penting.

Karena rahasia mendapat uang dari blog yaitu pengunjung yang banyak, organik, stabil dan terus meningkat tiap harinya.

Artinya, percuma kalau kau pribadi menjalankan praktek monetisasi tanpa mempunyai pengunjung tetap terlebih dahulu. Mutlak kau harus mempunyai pengunjung tetap. Dan untuk mencapainya, kau harus lulus langkah 1 dan 2 terlebih dahulu, atau paling tidak lulus langkah 1.

Kira-kira begitu.


Penutup

Baiklah kawan. Ini yaitu selesai postingan. Sedikit epilog dari kami.

Kamu yang lagi semangat mencari uang lewat blog, lanjutkan bekerja. Kamu yang sedang kebingungan bagaimana menghasilkan uang dari blog, pahami goresan pena ini kemudian praktekkan.

Algoritma SERP Google terus berkembang. Jangan terlalu mengandalkan SEO dan permainan manipulasi kata kunci.

Utamakan konten yang berkualitas, bermanfaat, dan menawarkan kepuasan pembaca. Lanjutkan dengan monetisasi dengan cara yang kau anggap paling cocok. Niscaya kau niscaya berhasil menghasilkan uang dari blog.


Artikel Menarik perihal Blogging

Baca juga: