-->
Resep Menciptakan Pempek Lenjer Yummy Khas Palembang

Resep Menciptakan Pempek Lenjer Yummy Khas Palembang

 Pempek yakni salah satu masakan khas sumatera selatan lebih tepatnya palembang. Banyak jenis - jenis pempek, ada pempek lenjer, isi telor, bulat, dan kapal selam. Pada post kali ini aku akan membagikan resep pempek lenjer. Makanan ini cocok sebagai cemilan keluarga. Di kawasan asalnya masakan ini banyak yang jual disana mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran besar. Makanan yang berbahan dasar ikan dan tepung ini sangat enak ditambah dengan saus cuko. Apa itu saus cuko? cuko atau cuka biasanya menjadi saus pencelup pempek. Nah, cuko ini lah yang dapat menambah cita rasa pempek. Cuko terbuat dari cabai rawit, bawang putih, tongcay, gula merah, bumbu halus, garam, air asam, dan cuka.
Pempek yakni salah satu masakan khas sumatera selatan lebih tepatnya palembang Resep Membuat Pempek Lenjer Enak Khas Palembang
Hasii Masakan
 Wuuuuh lihat lah. Terlihat enak untuk disantap kan? Bagaimana ingin membuatnya? Nah ini ia resep menciptakan pempek lenjer yang rasanya enak.

Bahan Pempek:
  1. 300 gram ikan tenggiri giling.
  2. 1 btr telur ayam.
  3. 2 sendok teh garam.
  4. 1 sendok teh gula.
  5. air hambar atau air es 150ml.
  6. 300 gram sagu tani.
  7. 2 sendok makan terigu.
  8. 2 sendok makan sagu tani.
Bahan Kuah Cuko:
  1. 250 gram gula merah / gula jawa.
  2. 10 buah cabai rawit merah (Sesuai selera anda).
  3. 8 siung bawang putih.
  4. 1 sendok makan tongcay.
  5. Cuka masak secukupnya.
  6. Asam kandis 3 buah.
  7. 1 sendok teh garam.
  8. Bubuk udang kering secukupnya (optional)
  9. air 500ml.
Langkah Membuat Pempek:
  1. Campurkan garam, telur, ikan tenggiri, dan gula kemudian  masukan air hambar atau air es secara bertahap terus aduk hingga rata.
  2. Masukan tepung terigu dan sagu tani sedikit sedikit kemudian aduk tangan higga tekstur adonannya pas (hasil campuran masih melekat ditangan dan sedikit lembak tetapi sudah dapat dibentuk) jangan hingga adonannya menjadi kalis alasannya kesannya akan menjadi keras.
  3. Masak air di panci hingga mendidih kemudian tambahkan 2 sendok makan minyak biar campuran tidak saling menempel.
  4. Lumuri tangan dengan sagu tani kemudian bentuk lah pempek lenjer. Lalu rebus hingga matang dan mengapung, terus angkat.
Langkah Membuat Kuah Cuko:

Pempek yakni salah satu masakan khas sumatera selatan lebih tepatnya palembang Resep Membuat Pempek Lenjer Enak Khas Palembang
Cuko yang sudah jadi

  1. Blender bawang putih, tongcay, cabai rawit.
  2. Rebus air bersama gula merah hingga gula merahnya larut dalam air, sehabis larut masukkan bumbu halus, garam, air asam, cuka. Lalu masak hingga mendidih. Koreksi rasanya bila dikira ada yang kurang silahkan tambahkan hingga rasanya menjadi pas di pengecap anda. Misalkan kurang pedas tambahkan cabai, bila ingin lebih kental tambahkan gula merahnya.
Langkah penyajian pempek lenjer:
  1. Goreng pempek hingga warnanya kecokelatan.Resep Pempek Lenjer.
  2. Potong - potong dimangkuk kemudian siram dengan kuah cuko.
  3. Sebagai komplemen tambahkan mentimun, debu ebi, dan mie kuning. Selesai :) Selamat dicoba di rumah kalian.

Baca juga: