-->
Cara Menciptakan Sebuah Form Atau Formulir

Cara Menciptakan Sebuah Form Atau Formulir

belajar komputer

Cara menciptakan sebuah formulir di Microsoft Access 2013.

Caranya:

1. klik hidangan CREATE kemudian pilih Form Wizard sehingga muncul gambar berikut:

gambar. mencar ilmu komputer 1

2. klik tanda >> sehingga judul kolom pindah semua ke kotak Selected Field disebelah kanan, menyerupai gambar berikut ini:



gambar. mencar ilmu komputer 2


3. klik Next, pilih Colomnar, Next lagi, pada kotak What Title do you want for your form ? berinama formulir kita contohnya Formulir Input Data Siswa, kemudian klik Modify the form's design kemudian Finish, untuk memodifikasinya.

4. lakukan modifikasi sehingga desainnya tampak menyerupai gambar berikut ini:


 gambar. mencar ilmu komputer  3


lakukan modifikasi dengan klik mouse untuk memperbesar, memperkecil, memindah, dan lain-lain menyerupai memakai Text Box pada Microsoft Word. Dan tambahkan tombol atau Button "Add record" atau "Tambah Record" menyerupai gambar diatas.
5. kemudian di Save, kemudian View dalam bentuk Form View, menyerupai gambar berikut ini:


 gambar. mencar ilmu komputer4


6. isilah datanya, kemudian klik tombol Tambah record Baru untuk mengisi data berikutnya..

7. untuk melihat apakah datanya sudah masuk ke tabel, klik tab Tabel Identitas, kemudian klik refresh All.




 gambar. mencar ilmu komputer 4


Selesai.


Catatan:
Mengedit isi data record, menyerupai di Microsoft Excel 2013.
Menghapus record, klik kanan pada baris data record, kemudian pilih Delete record.
Mengganti isi data record, lakukan klik data yang akan diganti kemudian ketik dengan data baru.
Menambah record baru, klik pada tanda * dan pribadi ketik datanya.

Mengedit judul field atau judul kolom.
Menghapus kolom, klik kanan pada judul kolom, pilih Delete Field.
Menambah kolom, pribadi ketik di teks Click to Add.

Selanjutnya lihat postingan " Bagaimana cara menciptakan Report atau Laporan di Microsoft Access 2013"


Semoga bermanfaat.

Baca juga: