-->
Tips Membeli Motor Matic Bekas

Tips Membeli Motor Matic Bekas

Membeli motor bukanlah kasus sembarangan, semua harus diperhitungkan mulai dari harga dan juga tujuan penggunaannya. Termasuk dalam membeli motor matic bekas pun terdapat tips tips yang patut kau ikuti biar tak menyesal di kemudian hari.


Karena bagaimanapun membeli motor bekas perlu ketelitian demi memastikan apakah si motor second tersebut masih dalam kondisi prima. Beda kisah bila kau membeli motor matic baru, tentunya semua komponen motor tersebut masih gres dan tak bermasalah.

Di zaman kini ini motor matic memang menjadi motor yang paling laku kolam kacang goreng. Namun bila kau belum bisa membeli motor matic gres secara cash sebaiknya jangan memaksakan kredit. Saya sarankan kau lebih baik membeli motor matic second saja.

Selain lebih murah, beli matic bekas mempunyai keunggulan lain diantaranya bila kau beruntung kau sanggup menemukan motor matic yang terawat dengan harga murah. Kemudian motor juga bisa eksklusif kau pakai alasannya surat-surat kendaraannya sudah tersedia.

Pun begitu meminang motor skutik bekas juga mempunyai kekurangan ialah kita tidak pernah benar-benar tahu bagaimana riwayat penggunaan motor tersebut. Maka dari itu akan ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan motor matic second.

Dan di dalam artikel ini kami akan membantu kau dalam menentukan motor matic bekas yang berkualitas. Kami juga akan mengulas beberapa poin pengecekan yang wajib kau lakukan ketika mencoba motor matic bekas.

Pengecekan Motor

Pengecekan motor melingkupi poin-poin penting yang harus kau cek di motor bekas yang akan kau beli. Kalau kau merasa kurang bakir ihwal permotoran, ada baiknya ajak sobat kau yang mengerti ihwal otomotif dan seluk beluknya.

1. Pengecekan Body Keseluruhan

Ini mudah, cek keseluruhan body motor mulai dari ujung depan sampai belakang. Lihatlah apakah ada ukiran atau bahkan retakan pada body motor.

Lihat juga dengan baik-baik pada batok lampunya apakah ada garis retakan. Pengecekan ini penting untuk mengetahui kemungkinan si motor pernah mengalami kecelakaan sebelumnya.

Cek juga di bab rangkanya apakah terdapat karat-karat yang mengganggu pandangan. Perhatikan juga di bab knalpot alasannya kawasan ini cukup rawan karatan.

2. Pengecekan Mesin Motor

Cek mesin motor secara visual terlebih dahulu, amati dengan sesama apakah ada gejala kebocoran oli. Jika terdapat sedikit saja kebocoran oli, sebaiknya hindari membeli motor tersebut daripada kebocorannya kian parah di kemudian hari.

3. Pemeriksaan Kelistrikan

Kelistrikan merupakan salah satu poin krusial yang wajib kau cek ketika menentukan motor matic bekas. Pastikan motor sanggup dinyalakan dengan electric starter dan juga ketika di engkol, pada dasarnya pastikan kedua alat tersebut berfungsi.

Berikutnya periksa semua lampu pada motor, pastikan semuanya sanggup menyala mulai dari headlamp, lampu sein dan juga stoplamp. Tes juga klaksonnya apakah sanggup dibunyikan atau tidak.

Panduan Membeli Motor Matic Bekas

Berikutnya kami akan menawarkan beberapa tips sederhana dalam menentukan motor matic bekas. Panduan ini bersifat tips dasar jual beli diluar poin-poin pengecekan motor bekas yang akan kau beli.

1. Usahakan beli motor bekas yang mempunyai plat nomor masih satu provinsi dengan alamat kamu

Hal ini penting alasannya menyangkut biaya balik nama motor kau di kemudian hari. Motor dengan plat nomor yang beda provinsi dengan alamat kau akan dikenai biaya pencabutan berkas ketika kau akan mengurus proses balik nama.

Makara pertimbangkan juga poin ini walaupun kau menerima penawaran harga yang cukup menarik. Demi fasilitas dan dispensasi biaya proses balik nama nantinya.

2. Cek Harga Pasaran

Berbeda dengan motor gres yang harganya relatif sama, persaingan harga pasaran motor matic bekas cenderung banyak yang berbeda-beda tergantung penjualnya. Kalau kau buta soal harga, lebih baik cek dulu harga pasaran motor matic bekas idaman kau di situs-situs jual beli, majalah ihwal otomotif atau di tabloidnmax.

3. Ketemuan di rumah pemilik motor

Jika kau membeli motor melalui situs jual beli online menyerupai olx, sebaiknya lakukan ketemuanlah di rumah si penjual. Agar di kemudian hari kau sanggup menemuinya di rumah bila terjadi hal hal yang tak diinginkan pada motor yang kau beli.

4. Periksa Kelengkapan Surat Motor

Cek semua surat-surat pada motor tersebut mencakup BPKB dan STNK. Periksa juga apakah motor tersebut menunggak pajak, bila ada penunggakan pajak sebaiknya negosiasikan lagi meminta harga lebih murah demi menutupi biaya penunggakan pajak tersebut.

5. Lakukan Tes Ride

Mintalah kepada si penjual untuk mencoba melaksanakan test ride terlebih dahulu demi mencicipi kondisi motor tersebut. Pastikan rem nya pakem, ban nya stabil dan tidak geal-geol, kondisi body tidak bergetar.

Pastikan juga apakah V belt motor matic bekas tersebut masih dalam kondisi bagus. Biasanya V belt yang sudah rusak akan menjadikan getaran ketika motor matic pertama kali di gas atau akselerasi.

Penutup

Demikianlah beberapa tips membeli motor matic second yang akan kamubeli. Semoga panduan dari kami sanggup membantu kau menentukan matic bekas yang berkualitas. Simak juga tips otomotif lainnya hanya di tabloidnmax.


Baca juga: