-->
Pengalaman Pertama Refund Tiket Di Traveloka

Pengalaman Pertama Refund Tiket Di Traveloka

Menurut kamus Bahasa Inggris, arti Refund yaitu pengembalian uang/ mengembalikan uang pembayaran. Klo berdasarkan Traveloka, Refund yaitu sejumlah uang yang akan anda terima atas penghapusan pemesanan penerbangan yang bersifat dapat di refund, serta tergantung pada kebijakan yang berlaku. 

Udah ngerti kan kini pengertian Refund? Nah, klo gitu gue mau sedikit kisah wacana Pengalaman Pertama Refund Tiket di Traveloka bersama Lion Air di selesai Bulan Oktober kemaren ini. Asli, ini pengalaman pertama gue Refund di Traveloka. Gue cuma modal nekat, google dan kepepet aja, yaiyalah daripada uang gue gak kembali kan? Hehe...



* * *
Jadi ceritanya bulan kemaren ini gue ambil cuti untuk pulang ke rumah. Dan lantaran kegiatan cuti sudah ditentukan berakhirnya sampe kapan, ada baiknya gue selalu cek harga tiket pesawat di Traveloka untuk kembali dengan rutinitas kerja, biasalah jauh-jauh hari semoga harga tiketnya lebih murah tentunya. Hehe #AnakEkonomiSejati :D

Oh iya, kegiatan penerbangan yang gue cari itu dari Bandar Lampung (TKG) - Banjarmasin (BDJ). Walaupun gue kerja di Provinsi Kalimantan Tengah, tapi gue lebih milih Kota Banjarmasin. Why? Karena lebih banyak kegiatan penerbangan dan tentu aja harganya lebih murah, bedanya dapat sampe 200 ribuan loh. Kan tidak mengecewakan banget. Selain itu cuma beda 2 jam doang kok dari Banjarmasin dibandingkan Bandara Tjilik Riwut, Palangkara.



* * *
Satu ahad sebelum cuti gue habis, gue jadinya booking tiket via Traveloka. Lumayan lah, biasanya sih gue dapet 800an ribu lebih sampe 900an lebih untuk ke Banjarmasin. Pernah kemaren pas liburan dapat sampe 1 jutaan lebih malahan. Eh kemaren pas gue cek cuma dapet 700 ribu. Yaudah eksklusif gue booking tanpa basa basi. Lumayan beda seratus ribuan lebih, dapat beli Mie Instan untuk stok dua bulan ini mah. Hehe

[Baca Juga: Galau? Traveloka Solusinya!]


Setelah gue happy dapet tiket yang tidak mengecewakan murah, gue juga menikmati sisa-sisa cuti gue, sampe jadinya ada chat masuk dari Pak Bos di H-1 sebelum keberangkatan gue menuju Banjarmasin. Intinya sih gue harus menunda keberangkatan dulu lantaran beberapa hal dan lantaran dan Pak Bos minta gue untuk sama-sama berangkat bareng. Fix! Gue bakalan dibayarin. :D


Dalam hati sih seneng-seneng aja, udah niscaya dibayarin lah. Hehe... Tapi, tiket gue yang udah terlanjur gue booking dengan uang pribadi bakalan ilang dengan sia-sia.


Sebagai anak ekonomi sejati, gue pun melaksanakan cara yang pada dasarnya sih dapat balikin uang gue. Bermodal Adek Google (Baru merayakan ultah ke 19 tahun ini), gue mulai berselancar di dunia maya, sampe jadinya gue tau ada yang namanya refund tiket. Ya walaupun gak dapat seratus persen, minimal dapat balik setengahnya aja gue udah seneng. Tapi... Tapi... Klo dapat sih seratus persen lah. Hahaha...


Gue mulai dengan membuka aplikasi Traveloka di HP gue dan ada beberapa syarat & ketentuan refund Traveloka dengan maskapai Lion Air.

Oke, bakalan gue jelasin. Untuk tipe penumpang remaja dan anak-anak:

1. Refund yang di kirim lebih dari 72 jam (3 hari) sebelum keberangkatan dapet biaya penghapusan 25%, artinya kita cuma dapet 75%. Lumayanlah.
2. Refund yang di kirim lebih dari 72 jam sampe 4 jam sebelum keberangkatan dapet biaya penghapusan 50%, artinya gue cuma dapet 50%. Agak cekit-cekit sih, tapi mau gimana lagi. Hehe
3. Refund yang di kirim 4 jam sebelum keberangkatan sampe 90 hari sehabis keberangkatan dapet biaya penghapusan 90%, artinya lo cuma dapet 10%. Fix. Yang ngirim refund tiket sehabis 90 hari sehabis keberangkatan niscaya OKB nih. Biasanya kan sombong di awal bulan tapi pas selesai bulan nyari receh demi beli mie instan untuk bertahan hidup. Hehe

Oke lanjut, dari hasil baca di blog Traveloka itu, gue menyadari gue ada di posisi nomor 2. H-1 sebelum keberangkatan dan cuma dapet 50%. Alhamdulillah. ^_^


Oh iya, sehabis baca-baca. Akhirnya gue siap melaksanakan langkah-langkah untuk refund. Nomor terakhir bikin lo insyaf. :D *Plissss... Bacanya berurutan ya. Hehe
1. Login Akun Traveloka

Dalam pengajuan refund, lo harus punya akun Traveloka dan dilanjutkan login. Karena gue udah punya, gue eksklusif aja menuju tahap selanjutnya. Next! :D

2. Pilih Pesanan

Setelah lo masuk akun Traveloka, lo pilih sajian pesanan saya dan klik pesanan yang mau lo refund. Nanti menyerupai gambar di bawah ini. Dan lo pilih sajian refund. Udah gak usah tegang ngekliknya, santai aja kali. Lemesin aja. Wkwkwk *Pengalaman gue sih kemaren gue deg-degan banget. Hahaha
 yaitu sejumlah uang yang akan anda terima atas penghapusan pemesanan penerbangan yang ber Pengalaman Pertama Refund Tiket di Traveloka
Udah belum? Gue tungguin nih. Hehe
Setelah lo pencet sajian refund, lo akan nemu pilihan penerbangan yang akan lo refund dan lo klik lanjutkan menyerupai gambar dibawah ini.
 yaitu sejumlah uang yang akan anda terima atas penghapusan pemesanan penerbangan yang ber Pengalaman Pertama Refund Tiket di Traveloka
Dan sehabis lo lanjutkan akan ada alesan kenapa refund. Plis... Jangan tanya gue ya kenapa lo mau refund. Hehe
 yaitu sejumlah uang yang akan anda terima atas penghapusan pemesanan penerbangan yang ber Pengalaman Pertama Refund Tiket di Traveloka
Setelah sajian alasan kenapa lo refund, lo diharuskan ngisi info bank yang akan dikirim dana refund menyerupai nama kantor cabang, nama pemilik rekening dan nomor rekening. Nah disini patut dicatat, jangan masukin no rekening gue ya. Hehe
 yaitu sejumlah uang yang akan anda terima atas penghapusan pemesanan penerbangan yang ber Pengalaman Pertama Refund Tiket di Traveloka
3. Berdoa
Ya, sehabis semua tahap lo selesaikan dengan baik. Sekarang yang dapat gue dan lo lakukan cuma berdoa. Semoga uang refund tadi gak salah kirim. Berdoa mulai... :D

Nah, sehabis berdoa dengan khusyuk. Akhirnya kiriman dari Traveloka masuk juga ke rekening gue kurang lebih 2 hari doang. Karena gue pake sms banking, gue jadi tau ada transferan masuk. Untuk lo yang belum gunai sms banking dapat lo cek juga di email, lantaran pemberitahuan juga dikirim via email.

 yaitu sejumlah uang yang akan anda terima atas penghapusan pemesanan penerbangan yang ber Pengalaman Pertama Refund Tiket di Traveloka
Oh iya, di dalam email pemberitahuan juga dijelaskan ada komplemen biaya lagi sebesar 30 ribu untuk biaya refund. Makara gak 50% banget sih, malahan yang masuk ke gue ada lebih Rp. 4.203 . Semoga adminnya gak ngantuk. Hehe


* * *
Begitulah pengalaman pertama refund tiket Traveloka dengan maskapai Lion Air. Lebih dan kurangnya gue mohon maaf dan semoga bermanfaat! ^_^

Thanks.

Sumber https://www.banyolanesia.com/

Baca juga: