-->
Kupu-Kupu Budayaku

Kupu-Kupu Budayaku

Postingan ini request dari temen lagi hehe

Aku adalah budaya Indonesia
Asli tanah air beta
Beragam suku, ras, bahasa, dan agama

Aku seperti kupu-kupu
Tubuhku penuh corak seperti tempatku
Indonesia ibu pertiwiku

Aku punya dua sayap 
Sayap kiriku adalah Indonesia bagian barat
Sayap kananku adalah Indonesia bagian timur
Tapi sayap ini tak pernah terpisah
Karna apa?
Karna bagian badanku adalah Indonesia bagian tengah
Dan kami takkan pernah terpisah
Corak di bagian sayapku adalah cermin dari beragam kebudayaan
Seluruh upacara, ritual, adat istiadat, nyanyian daerah ada di badanku bahkan sampai permainan
Sabang sampai merauke ada di tubuhku begitu teristimewakan
Gunung, pulau, pantai telah tertanam di tulang
Aku ini dulu begitu dibudidayakan
Orang-orang mengenalku sebagai bagian dari hidupnya yang mengindahkan
Mereka sering memberiku penghormatan
Anak-anak kecil begitu tertarik pada gaya terbangku yang penuh kelembutan
Mereka mencariku dengan berlarian
Kami benar-benar kawan
Tapi kini kawanku itu tak lagi mencariku
Mereka juga bahkan membunuhku dan memperjualkanku
Mereka tlah tak mengetahuiku
Mereka lebih suka dengan permainan di gadget baru
Mereka mengabaikan aku, budaya Indonesia Tanah Airku

Kawan kecilku, bantu aku kembali ke kehidupanmu seperti dulu kala
Aku ini budaya luhurmu, yang senantiasa jadi pewarna bangsa dan negara




 

 




Baca juga: