-->
Ibu Rt Ngomongin Politik: Wacana Bermacam-Macam Pemahaman Mengenai Politik Dikala Ini

Ibu Rt Ngomongin Politik: Wacana Bermacam-Macam Pemahaman Mengenai Politik Dikala Ini

Politik, foto: cameotv.com
Kalau ditanya, ibu rumah tangga boleh gak sih ngomogin soal politik? Tentu jawabannya boleh-boleh saja dong. Dari pada ngomongin tetangga sebelah atau ngebahas isu berakhirnya rumah tangga artis alias ngegosip. Karena isu politik kini telah menjadi topik yang dibicarakan oleh segala lini masyarakat, mulai dari kalangan bawah, menengah hingga ke kalangan elit masyarakat.
Berita politik memang tidak akan pernah habis untuk dibahas dan menjadi topik yang hangat diberikan setiap harinya, alasannya ialah memang bangsa kita sangat lekat dengan kehidupan politiknya. Sebut saja dengan banyaknya parpol atau partai politik yang mempunyai visi  dan misinya masing- masing, di mana masyarakat dengan bebas sanggup menentukan partai politik mana yang sanggup mempejuangkan hak-haknya sebagai warga negara. Pemberitaan politik yang simpang siur bahkan dikaitkan dengan agama ataupun ras, merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan, namun alangkah lebih bijak kalau kita tidak terpengaruh dengan isu yang belum niscaya untuk tetap menjaga persatuan bangsa. Sebagai masyarakat yang awam terhadap pengetahuan politik, sebaiknya kita lebih mencari dan menggali lebih banyak informasi yang sebenar-sebenarnya mengenai aneka macam acam pembicaraan yang sanggup memicu perpecahan.
Berita politik sendiri sanggup ditilik dari sudut pandang yang berbeda, di antaranya politik ialah perjuangan yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama. Selain itu, politik juga sanggup diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara. Politik merupakan acara yang diarahkan untuk mendapat dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat, dan politik ialah segala sesuatu wacana proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik. Kunci dari pemahaman politik terdiri dari kekuasaan politik, legitimasi, sistem politik, sikap politik, dan partisipasi politik. Pada partisipasi politik tersebut, sebagai warga negara yang turut serta dalam pesta demokrasi politik, sebaiknya memang kita mengetahui seluk beluk wacana partai politik biar sanggup menentukan yang sempurna pada pemilu nantinya.
Dari uraian di atas sangat terperinci bahwa pemerintah dan juga warga negaranya sangat berkepentingan dan mempunyai peranan masing–masing dalam ranah politik, namun dengan porsi yang sesuai serta dengan tugas yang telah ditentukan. Berita politik yang ada semestinya sanggup menjadi pemersatu bangsa, bukannya menjadi pemecah antar warga negara Indonesia alasannya ialah aneka macam macam problem politik yang diselubungi dengan niat–niat tidak bertanggungjawab dari elemen politik yang mempunyai tujuan tertentu, salah satunya tujuan untuk memecah belah. Perpecahan alasannya ialah politik tidak akan terjadi kalau kita sebagai warga negara cerdas dalam menyikapi suatu problem yang terjadi, hingga menyikapi aneka macam pemberitaan dengan kepala yang hambar tanpa diikut dengan sikap yang memicu perpecahan tersebut.
Jadi mulai kini baca berita politik nasional yang jujur dan benar serta tidak memecah belah bangsa. Bukan cuman asal comot dari beranda facebook misalnya, atau dari portal isu yang pro terhadap satu parpol saja sehingga kita gampang terpengaruh. Berita apapun yang kita sanggup harus disaring dan diperkuat dengan sumber dari tumpuan yang terpercaya tentunya. Satu lagi yang terpenting, sibuk baca dan ngomongin politik apa pekerjaan ibu rumah tangganya sudah kelar, Mak? Jangan hingga kondisi politik rumah tangganya yang kacau balau. Hihihi..

Baca juga: