-->
Hal-Hal Yang Harus Dihindari Ketika Solat Tarawih

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Ketika Solat Tarawih

Sumber
Gak nyangka, bentar lagi udah lebaran yaaa?
Wah... Gimana nih solat tarawih di masjid lo? Pasti makin sepi kan... #Miris


Begini, gue mau dongeng ihwal pengalaman dikala solat tarawih yang buat gue super kesel dan bikin gue gak khusuk. Sengaja gue curahkan disini biar menjadi pelajaran bagi kita semua. Ya, minimal biar lo tidak melaksanakan hal yang sama, alasannya dapat merusak konsentrasi orang lain yang sedang solat tarawih.

Hmm... apa aja yang harus dihindari ya. Yuk simak disini...

1.     Pake Deodorant
Entah kenapa ini masuk posisi pertama. Ya, mungkin insiden ini yang paling membekas di hidung mancung gue. Kejadian ini gres aja terjadi kemarin. Memang Kondisi masjid daerah gue solat itu pengap pake banget, ini didukung oleh masjid yang terbilang kecil plus sedikit ventilasi udara dan kipas angin pun seadanya. Jadi... Sudah dapat dipastikan jikalau menampung orang banyak kayak solat tarawih gini, bakalan buat gue berasa olahraga lari 100 kilometer sambil salto-salto. Keringetan bro!

Beberapa rakaat solat tarawih aja udah bikin tubuh gue mulai berkeringat. Sesaat sesudah itu, gue pun mengendus bau busuk di samping gue. Saat solat, gue sedikit melirik ke samping kanan dan mulai berpikir, “INI BAU KETEK!”.

2.     Pakaian Bertulis dan Bergambar
Entah insiden ini udah berapa kali gue alami, tapi yang niscaya lebih dari 2 kali. Kembali dikala gue solat tarawih di masjid tercinta, gue tanpa sengaja melihat punggung yang bertuliskan dan bergambar aneh-aneh yang menciptakan fokus gue kembali melayang.

Yang gue inget ada goresan pena kecil di punggung dan malah buat gue ingin tau untuk membacanya, kayak kata-kata mutiara yang sering kita liat di kaos-kaos kekinian abg labil zaman sekarang. Semisal goresan pena yang kekinian “Katanya gaul, kok digaulin nangis.” Sesaat sesudah membaca gue damai dan berpikir keras makna goresan pena itu.

Terkadang ada lagi gambar yang bikin konsentrasi gue buyar dan malah penasaran, ibarat baju bergambar asing bin gak jelas. Kayak gambar Valak di film conjuring 2, tapi absurd. Kaos anak metal gitu sih... Gue jadi mikir ini maknanya apa ya?

Bahkan ada baju yang buat gue jadi kesel. Gue liat ada yang make baju bola Barcelona (Gue Fans Manchester United). Entah kenapa gue gak suka banget sama Barcelona, mungkin efek beberapa kali tim gue dipecundangi sama Barcelona di selesai liga champion kali ya. Jadi, alasannya begitu fanatik sama tim kesayangan, buat gue kesel. Bikin kesel lagi baju bolanya itu kw murahan abis, mungkin harganya 25 ribuan. Pfttt....

Sejatinya gue gak melarang lo pake baju apa. Tapi... Ya dilihat lah bagaimana cara pandang orang beda-beda, apalagi cara pandang orang-orang yang ibarat gue, yang memandang sesuatu penuh nafsu birahi dan terkadang berujung ketidakjelasan. Selain itu didukung kekhusukan solat gue yang masih NEWBIE, gak kayak ustad yang level solatnya udah HARD.

Gue mikir gini aja si klo cara berpakaian dikala solat. Gue klo ketemu orang penting macam bupati, gubernur atau presiden mungkin akan tampil maksimal dan gak mungkin make yang aneh-aneh. Lah... Ini mau ngadep sama TUHAN kok ngawur gitu. #MIKIR!

3.     Pake Masker Bagi yang Flu dan Batuk
Ini sebenernya saran yang baik bagi semuanya biar tidak terkena flu dan batuk. Gue merasa jikalau ada satu orang di masjid yang flu dan batuk. Gue yakin dalam beberapa menit ada yang tertular. Ini terjadi kira-kira seminggu yang lalu, dikala sedang solat di samping gue ada yang lagi flu. Beberapa menit kemudian hidung gue meler. Damn!

Apalagi persebaran virus flu dan batuk, ini berdasarkan gue lebih cepat dan ganas. Secepat lo lari klo lagi ditagih utang sama temen lo. Ya, persis kayak gitu.

Nah, disini gue cuma saran doang pake masker (Tips simpel), biar tidak menulari yang lain yang berakibat tidak khusuknya orang lain solat tarawih.

4.     Jangan Bawa Anak Kecil
Para orang tua, abang atau siapapun yang memiliki anak kecil seyogyanya punya tujuan baik mengajak dan memperkenalkan solat semenjak dini. Namun, terkadang ini malah menganggu orang lain. Tau sendiri lah lo semua klo anak kecil itu gak dapat diatur, jadi dikala solat bukannya mereka membisu atau mengikuti solat malah menganggu semuanya.

Gue pernah mengalami ini, dikala asyik solat malah ada yang megang-megang bokong gue. Risih lah disenggol-senggol bab itu. Fokus gue buyar seketika dikala solat. Bahkan gue sempet liat tetangga gue sarungnya di buka-buka gitu. Anak kecil dengan polos membuka dan ngumpet di dalam sarung yang maen petak umpet. Huft!

Setelah solat mau gue omelin tapi ada orang tuanya, gak enak. Jadilah cuma gue tegur doang dengan senyum-senyum kebencian ala sinetron. *Padahal dalam hati mau gue pites anak kecil itu!

* * *
Hmm... Apalagi ya? Kayaknya cuma ini deh pengalaman yang pernah gue alami. Pengalaman ini mungkin pernah lo lakukan atau pernah lo liat juga. Saran gue klo lo tau itu dapat mengganggu orang lain. Ada baiknya lo tidak melaksanakan hal-hal yang gue sebutin di atas.

Klo ada tambahan, jangan sungkan untuk menulis di kolom komentar. Klo lo tipe pemalu, dapat juga kita diskusi di email atau media umum gue. Jangan lupa follow tapi ya.. Hihi *Tetep aja promosi! #FakirFollowers.*

Sumber https://www.banyolanesia.com/

Baca juga: