-->
3 Cara Jitu Menangkal Paparan Radiasi Dari Smartphone

3 Cara Jitu Menangkal Paparan Radiasi Dari Smartphone

Smartphone, di satu sisi menunjukkan laba dan fasilitas bagi insan dalam beberapa hal, tetapi di sisi lain mempunyai ancaman yang, jikalau tak diwaspadai akan berakibat jelek pada kesehatan manusia. Bahaya yang ditimbulkan smartphone ini, bisa diakibatkan oleh sikap pengguna yang tidak memperhatikan peringatan penggunaan contohnya berjalan sambil mengoperasikan smartphone sampai menyetir kendaraan sambil memainkan smartphone. Kecelakaan fatal akhir sikap tersebut sudah sering dijumpai di kehidupan sehari-hari.


Tetapi disamping sikap pengguna, smartphone juga disebut-sebut mempunyai sesuatu yang berbahaya. Adalah paparan radiasi radiofrekuensi energi elektromagnetik yang dikeluarkan smartphone. Paparan radiasi tersebut berbahaya jikalau diterima oleh insan secara simultan dalam waktu yang usang alasannya ialah mensugesti kesehatan manusia. Lalu bagaimana jikalau insan sudah terlalu ketergantungan pada smartphone, adakah cara untuk menangkal atau minimal mengurangi paparan radiasi tersebut? Tentu saja ada, dan inilah tiga cara jitu untuk menangkal paparan radiasi yang berasal dari smartphone.

PERHATIKAN JARAK PERANGKAT
Jarak disini ialah antara pengguna dan smartphone-nya. Jarak yang terlalu erat diyakini akan menunjukkan imbas yang lebih jelek kepada tubuh. Padahal, rata-rata jarak insan mengoperasikan smartphone kurang lebih ialah sekitar setengah dari panjang lengan manusia. Sebagai pencegahan, memperlebar jarak antara anggota badan dengan perangkat ialah salah satu cara yang paling mudah. Menggunakan perangkat komplemen menyerupai headset bisa cukup membantu. Kemudian mengaktifkan loudspeaker ketika menelepon juga bisa membantu, meskipun harus memahami kondisi sekitar jikalau ingin mengaktifkan loudspeaker. Ketika tidur, sebisa mungkin gadget harus dijauhkan dari badan dan dalam kondisi mati.

WAKTU PENGGUNAAN PERANGKAT
Terlalu usang memandang layar gadget juga diyakini bisa menunjukkan imbas jelek terhadap kesehatan terutama mata. Untuk mencegah radiasi yang berlebihan, waktu yang dipakai untuk memakai gadget harus dibatasi. Jika memang mendesak, maka setiap beberapa jam mata harus diistirahatkan sejenak dari melihat layar gadget. Selain paparan radiasi, terlalu usang memandang layar gadget juga berpotensi besar merusak kesehatan mata.

PERHATIKAN DAYA PERANGKAT
Setiap perangkat mempunyai kemampuan menangkap sinyal yang berbeda-beda. Ada yang bisa menangkap sinyal dengan baik, ada pula yang kurang baik. Ketika gadget berada di daerah yang sinyalnya kurang kuat, maka perangkat akan mengeluarkan daya yang lebih besar daripada di daerah yang sinyalnya kuat. Untuk mencegah konsumsi daya yang berlebihan ketika berada di daerah yang sinyalnya kurang kuat, maka bisa memakai cara ini; gunakan smartphone atau gadget hanya di daerah yang kekuatan sinyalnya baik. Lihat baik-baik indikator kafetaria sinyal para perangkat. Lebih baik perangkat dimatikan jikalau berada di daerah yang sinyalnya lemah untuk menghindari konsumsi daya yang berlebihan.

Itulah tiga cara jitu yang bisa dilakukan untuk menangkal paparan radiasi yang dihasilkan oleh smartphone. Smartphone dikala ini memang sudah menjadi bab dari kebutuhan manusia, bahkan bagi beberapa kalangan smartphone ialah barang wajib yang harus dimiliki. Tetapi perlu diperhatikan tata cara penggunaan, resiko, dan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan smartphone. 

Sumber https://smartfonemedia.blogspot.com/

Baca juga: