-->
Penikmat Asinan Buah Dan Sayur

Penikmat Asinan Buah Dan Sayur

Dari kecil hingga sekarang, aku suka banget sama yang namanya asinan. Baik itu asinan buah maupun asinan sayur. Yang aku rasakan dulu sih, makanan ini identiknya sama bulan Ramadhan dan lebaran aja. Soalnya biasanya mama aku suka beli asinan sayur untuk hidangan berbuka selain kolek, kurma, es buah, gorengan, atau takjil lainnya. Sedangkan untuk asinan buah, aku temuin dikala lebaran, biasanya warung tetangga sebelah menjualnya khusus pas di hari lebaran tersebut.

Asinan sayur di daerah aku isinya terdiri dari kol, wortel, toge, mentimun, dan kacang goreng. Sedangkan asinan buahnya tak jauh dari kedondong, nanas, mangga muda, jambu air, dan bengkuang. Dua-duanya kesukaan aku banget, gak sanggup nolak deh, apalagi jikalau dikasih. Hehe.. Kuahnya yang pedes seger itu.. sruffffftttt... dan sayur atau buahnya yang kres kres aih.. bikin ngeces nulisinnya juga, aduh! XD

Asinan Sayur dan Buah. Awas ngiler! (dokpri)
Nah, jikalau zaman masih kecil, sanggup makan asinan jikalau dibeliin mamah, beranjak remaja udah sanggup lebih berdikari dong. Bikin sendiri? Bukan! hehe.. Boro-boro deh, berguru buat bikin aja belum pernah. Hihi... Maksudnya sanggup beli sendiri gitu, tanpa nunggu dibeliin mamah. 

Dan ternyata gres tahu jikalau di kota saya, Cikampek, asinan juga sanggup didapat selain bulan Ramadhan dan lebaran. Sepengetahuan saya, ada dua toko yang menjualnya setiap hari. Yang pertama di rumah makan Sari Wangi (yang di samping toko plastik Elang Mas, bukan yang di samping Kantor Pos ya), dan yang kedua di toko samping Salon Rita (depan fly over Cikampek).

Saya lebih menentukan yang mana? Dua-duanya yummy sih, cuman aku lebih suka yang di rumah makan Sari Wangi. Kuah cabenya terasa lebih mantap dan seger banget. Kalau soal harga hanya selisih seribu rupiah. Asinan di Sari Wangi dibandrol 7 ribu, sedangkan di Toko samping Salon Rita harganya 6 ribu rupiah. Wah, tidak mengecewakan nyaman di kantong kan?

Dan satu hal yang menciptakan aku semakin menyukai makanan ini, ternyata jodoh aku (suami) juga suka banget makan asinan. Makara kita suka sengaja jalan berdua ke pasar buat beli asinan itu. Ecieee... cinta sepasang penyuka asinan XD

Lina Astuti

Baca juga: