-->
Kopdar Ke-4 Backpacker Karawang

Kopdar Ke-4 Backpacker Karawang

Karawang - Backpacker Karawang (BPK), menggelar kopi darat (kopdar) ke-4 pada Minggu pagi (10/01) di Lapang Karang Pawitan. Selain sebagai ajang silaturahmi, kopdar BPK juga membahas agenda trip berikutnya. Kegiatan ini  diadakan setiap satu bulan sekali di samping aktivitas pada dasarnya yaitu trip ke tempat wisata di Karawang yang dijadwalkan sebulan sekali, serta trip keluar kawasan setiap dua bulan sekali. 

Ketua BKP, Syafroni Agustik, menyampaikan bahwa mulai tahun 2016, supaya lebih menarik, aktivitas kopdar akan dibentuk berbeda dengan kopdar sebelumnya, yaitu setiap kopdar akan menyajikan tema yang berbeda. Seperti kopdar bulan Januari yang mengambil tema: tahun 1990-an.
Kopdar BPK dengan tema tahun 1990-an menghadirkan Agung Saputra, seorang pecinta seni budaya Sunda dan mainan tradisional. Bersama pengurus yang lainnya, Agung kembali mengingatkan akseptor kopdar dengan permainan-permainan tradisional yang dulu biasa dimainkan oleh bawah umur tahun 90-an. Permainan yang dimaksud menyerupai Gobak Sodor yang dalam bahasa Sunda disebut dengan Gala Asin dan Salam Sabrang.

"Salam sabrang kadong-dong Cina Abah tiba kabina-bina Nyiuk cai ka tampolong Nyebut cai kanu lolong."

Pendopo Karang Pawitan seketika riuh ramai oleh nyanyian Salam Sabrang dan tepukan tangan secara berpasangan, lalu disusul dengan tawa pecah akseptor kopdar yang tengah bernostalgia dengan era kecilnya.

Agung mengatakan, bahwa banyak pelajaran yang bisa diambil dari permainan tradisional tersebut. Anak-anak jaman kini bisa dibilang hampir tidak mengenali permainan-permainan tersebut alasannya yakni sudah tergantikanoleh permainan yang berbasis tekhnologi, menyerupai video game dan game online.

BPK merupakan salah satu wadah bagi warga Karawang yang mempunyai hobi sama, yaitu jalan-jalan dan kuliner. Setiap kopdar dan tripnya bahkan bisa menarik akseptor dari kawasan di luar Karawang, menyerupai Bekasi dan Jakarta. Diharapkan bukan sekedar jalan-jalan, makan-makan, dan senang-senang. Namun mengakibatkan orang-orang yang bisa berguru dari setiap perjalanan dan kebersaamaan.

Kira-kira tema apa yang akan diambil pada kopdar BPK bulan depan, ya? Hm.. Kaprikornus penasaran. (Lina)

Baca juga: